BOLU KELAPA DESA PRIMA, ALTERNATIF OLEH-OLEH DAN ULIH ULIH DARI PUTAT

wahyun 28 Februari 2023 11:45:44 WIB

Putat (SIDA) - Desa Prima Gumregah sebagai salah satu unsur lembaga Kalurahan Mandiri Budaya Putat telah mempunyai produk bersama yang bisa berkembang dan laris di pasaran hingga berimbas pada peningkatan kesejahteraan bagi anggotanya. Produk tersebut adalah bolu kelapa. Disebut bolu kelapa karena bahan dasar utama dari kelapa dan rasa dominan dari bolu berukuran mini tersebut adalah gurihnya kelapa. Usaha ini mulai digeluti kelompok Desa Prima di pertengahan tahun 2022 setelah mendapat pelatihan dari Dinas Koperasi dan UKM Daerah Istimewa Yogyakarta dan mulai mengalami peningkatan omset penjualan di akhir tahun 2022. Hingga saat ini omset penjualan bolu kelapa Desa Prima bisa mencapai 40 juta rupiah dalam satu bulan.

Selain dipasarkan di warung-warung dan penjualan pribadi oleh anggota, produk Bolu Kelapa Desa Prima ini juga sudah bisa ditemukan di beberapa pasar di sekitaran Patuk seperti Pasar Piyungan, Pasar Wage, dan pasar-pasar di sekitarnya. Bolu Kelapa Desa Prima juga sangat cocok untuk oleh-oleh bahkan dikirim ke luar kota dikarenakan daya tahan kue tanpa bahan pengawet ini cukup lama, sekitar 7 s.d 14 hari tergantung tingkat kerenyahan bolu yang bisa di-request konsumen. Selain itu bolu kelapa Desa Prima juga bisa menjadi alternatif pilihan untuk hampers/ ulih-ulih hajatan. 

Harga Bolu Kelapa Desa Prima terhitung sangat murah dibanding dengan kualitas bahan yang digunakan dan rasanya. Jika konsumen membeli langsung ke rumah produksi, bolu kelapa ini dapat dibeli dengan harga Rp 800,- rupiah saja. Untuk warung dan reseller sistem COD bolu kelapa dihargai Rp 900,- rupiah. Untuk harga jual kepada konsumen ketika membeli dari warung atau delivery ke rumah Bolu kelapa dapat dinikmati dengan harga Rp 1.000,- rupiah.

Sebagai ulih-ulih/hampers hajatan ada 3 pilihan paket pilihan bolu kelapa. Untuk paket isi 20 buah, bolu kelapa dihargai Rp 19.000,-; isi 18 buah bolu kelapa dihargai Rp 18.000,-; dan isi 15 buah bolu kelapa dibandrol dengan harga Rp 15.000,- dengan fasilitas free papper bag dan free ongkos kirim untuk area Kapanewon Patuk. Desa Prima juga memberikan bonus satu paket untuk setiap 50 paket ulih-ulih.

Produk bolu kelapa Desa Prima Gumregah dijamin selalu fresh, karena bolu kelapa diproduksi setiap hari oleh anggota Desa Prima secara kelompok bergantian di rumah produksi yang terletak di Padukuhan Plumbungan, tepatnya di samping SD Sendangsari. Produksi dilakukan setiap hari pada pukul 08.00 s.d. 16.00 WIB. Konsumen bisa datang langsung dengan harga spesial atau bisa menghubungi bagian pemasaran 0889 8099 5149 (Putri) atau melalui anggota Desa Prima Gumregah lainnya. [YN]

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT