FILSAFAT KEBIJAKSANAAN

29 Maret 2021 19:52:50 WIB

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Kebijaksanaan adalah kepandaian menggunakan akal budinya (pengalaman dan pengetahuannya) atau kecakapan bertindak apabila menghadapu kesulitan dan sebagainya. Sedangkan bijaksana adalah selalu menggunakan akal budinya (pengalaman dan pengetahuannya), arif, pandai dan hati-hati apabila menghadapi kesulitan dan sebagainya.

Menurut Dr. Fahruddin Faiz orang yang bijaksana adalah orang yang tahu kapan harus maju, kapan harus mundur. Begitu juga dengan hidup, hidup itu harus jelas kapan waktunya ngegas, dan kapan waktunya ngerem. Kita harus bisa menentukan kapan waktunya ngegas, kapan waktunya ngerem. Kalau hidup itu isinya ngegas terus ya bahaya, kalau ngerem terus ya tidak pernah jalan. 

Kita harus bisa menempatkan segala sesuatu, kapan waktunya ngomong, kapan waktunya diam. Kapan waktunya kerja keras, kapan waktunya istirahat. Itulah yang disebut dengan bijaksana. Bijaksana adalah kemampuan menempatkan segala sesuatu sesuai dengan tempatnya, dan sesuai dengan porsinya.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT