KAUM SHOPIS

29 Maret 2021 19:44:39 WIB

Menurut Wikipedia kamu shopis adalah nama yang diberikan kepada sekelompok filsuf yang hidup dan berkarya pada zaman yang sama dengan Socrates. Siapa itu Socrates? Socrates adalah filsuf dari Yunani yang merupakan salah satu figure paling penting dalam tradisi filosofis Barat. Kaum shopis muncul di Yunani pada pertengahan hingga akhir abad ke 5 SM.

Di dalam sejarah filsafat, kaum shopis sering dipandang negated. Misalnya saja, mengajar untuk mendapatkan uang yang banyak, menghalalkan segala cara untuk memenangkan argumentasi, serta mengajarkan relativisme.

Sedangkan menurut Fahruddin Faiz, kaum shopis adalah orang-orang sombong yang merasa bahwa dia paling mengerti apa saja. Pada jaman itu muncul orang pintar namun bergaya. Kaum shopis ini memang pandai, pandai dalam segala hal, pandai berbicara. Mereka adalah ilmuwan-ilmuwan namun ilmuwan bayaran. Mereka bisa saja disuruh untuk ini itu dengan kepandaiannya asal dibayar dengan harga tinggi. Kaum shopis ini semakin pandai, semakin menguasai berbagai macam bidang maka semakin tinggi kesombongannya.

Ini lah yang tidak patut dicontoh dari kaum shopis. Harusnya kita bisa merefleksikan diri dengan kaum shopis. Hal-hal yang semacam ini yang seharusnya tidak kita contoh. Kita boleh saja pandai dalam berbagai bidang namun jangan sampai sombong mentang-mentang pandai lalu berbangga diri seperti kaum shopis.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT