AHLI RESPONS POTENSI MUTASI BARU COVID 19 INGGRIS MASUK INDONESIA

28 Desember 2020 21:46:47 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- 

Ahli biologi molekuler Ahmad Rusdan Utomo mengaku tidak mengetahui apakah  varian virus corona SARS-CoV-2 di Inggris memiliki hubungan dengan varian yang ada di Indonesia. Ia mengatakan informasi genetik Covid-19 di Indonesia masih sangat sedikit.

"Belum diketahui karena informasi genetik virus di Indonesia masih sedikit," ujar Ahmad kepada CNNIndonesia.com, Rabu (23/12).

Ahmad menuturkan informasi genetik virus SARS-CoV-2 di Indonesia hanya 115. Sedangkan di Inggris, dia menyebut sudah mencapai puluhan ribu genom.

Lebih lanjut, Ahmad menyampaikan varian baru virus corona SARS-CoV-2 di Inggris yang dinamakan VUI 202012/01 berpotensi masuk ke Indonesia. Namun, dia mengaku varian tersebut akan sulit dideteksi jika masuk ke Indonesia.

Sebab, dia melihat Indonesia tidak memiliki perangkat yang bisa mendeteksi varian itu.

"Jadi tantangan untuk deteksinya karena kit diagnostik yang ada di Indonesia tidak bisa membedakannya," ujarnya.

Ahmad berkata sejauh ini hanya Inggris yang memiliki kit untuk mendeteksi varian itu. Dia berkata Inggris memiliki kemampuan untuk nextgen sequencing yang meliputi keseluruhan genom secara rutin.

"Sedangkan Indonesia meski memiliki NGS masih mahal sekali," ujar Ahmad.

Di sisi lain, Ahmad menjelaskan mutasi dari Inggris terjadi di bagian Spike. Dia menyebut area ini relatif jarang termutasi dan biasanya tidak digunakan untuk diagnostik.

Oleh karena itu, perlu penelitian surveillance di rumah sakit dan melihat proporsi dari virus mutasi pada gejala berat versus gejala ringan untuk mengetahui apakah lebih ganas atau tidak

 

"Tidak bisa diprediksi dari lab, harus ke rumah sakit," ujarnya.

Lebih dari itu, dia menyarankan pemerintah Indonesia menghentikan penerbangan dari dan ke Eropa untuk sementara waktu sambil memperketat kedatangan penumpang dari luar negeri dengan swab antigen.

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20201223171254-199-585786/ahli-repons-potensi-mutasi-baru-covid-19-inggris-masuk-ri

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT