MUSIM PENGHUJAN LANDA WILAYAH DIY PERTENGAHAN OKTOBER MENDATANG

25 September 2020 15:13:33 WIB

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta memprediksi, wilayah DIY akan memasuki musim pancaroba pada permulaan Oktober mendatang.

Sebagian besar wilayah di DIY juga akan mengalami kondisi hujan dengan intensitas yang beragam di waktu tersebut.

"Sebagian besar wilayah DIY akan memasuki periode awal musim hujan mulai pertengahan Oktober-November 2020 nanti, dimana kondisi hujan tidak merata dapat terjadi dengan intensitas sedang hingga lebat dalam durasi yang singkat," kata Kepala BMKG Yogyakarta, Reni Kraningtyas Jumat (25/9).

Reni menjelaskan, sejumlah wilayah di DIY akan mengalami musim penghujan dengan waktu yang bervariasi dan dimulai pada Oktober dasarian ll (pertengahan Oktober) sampai dengan November dasarian l (awal November).

"Awal musim penghujan yang paling duluan terjadi di DIY yakni pada wilayah Sleman bagian Barat dan Utara serta Kulonprogo Barat. Intensitasnya biasa mencapai 100-200 mm/bulan, dengan kriteria rendah sampai menengah," jelasnya.

Ditambahkan, pada masa peralihan musim tersebut masyarakat diimbau untuk senantiasa waspada terhadap potensi cuaca ekstrem semisal hujan lebat dalam durasi singkat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang, puting beliung, bahkan fenomena hujan es.

Kepala Pelaksana BPBD DIY, Biwara Yuswantana menyampaikan, pihaknya telah melakukan pemerataan terhadap sejumlah daerah yang disinyalir rawan dalam memasuki masa awal musim penghujan nanti.

"Di tingkat komunitas dan desa kan juga sudah kami bentuk relawan tangguh bencana sesuai dengan tingkatan kerawanannya. Tentunya nanti akan kami aktifkan kembali pada masa awal musim penghujan mendatang," katanya.

Pihaknya juga akan senantiasa berkordinasi dengan BMKG setempat terkait dengan kondisi dan pembaharuan informasi seputar cuaca guna mempercepat langkah antisipasi dan tidak menimbulkan potensi bencana yang signifikan.

Adapun sejumlah wilayah yang dipetakan rawan longsor yakni di area Gunungkidul sebelah utara tepatnya di wilayah Gedangsari dan lainnya.

Sementara untuk di wilayah Kulonprogo terdapat area Kalibawang, Samigaluh, dan Kokap yang perlu diwaspadai.

"Kami juga sudah memasang sistem EWS di daerah itu semoga itu juga memberikan manfaat untuk peringatan awal. Tapi tentunya kami harapkan kesiagaan masyarakat juga terkait potensi bencana," pungkasnya. (TRIBUNJOGJA.COM)



Artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com dengan judul Musim Penghujan Landa Wilayah DIY Pertengahan Oktober Mendatang, https://jogja.tribunnews.com/2020/09/25/musim-penghujan-landa-wilayah-diy-pertengahan-oktober-mendatang.
Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Ari Nugroho

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT