2 WNI POSITIF CORONA, BANDARA YOGYA PERKETAT PEMERIKSAAN PENUMPANG

Lian 04 Maret 2020 09:32:29 WIB

Yogyakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut ada dua Warga Negara Indonesia (WNI) yang positif terkena Virus Corona. Sebagai salah satu gerbang masuk dari luar negeri, Bandara Adisutjipto Yogyakarta memperketat pemeriksaan terhadap penumpang dari luar negeri.

Airport Operation and Service Senior Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara International Adisutjipto Yogyakarta, Riyaman mengatakan pihaknya bersama Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), ASITA dan PHRI telah melakukan pemeriksaan penumpang yang datang dari luar negeri di pintu kedatangan.

Mengingat dalam sehari ada dua penerbangan langsung dari Singapura ke Yogyakarta dan dua penerbangan langsung dari Kuala Lumpur ke Yogyakarta.

"Sudah sejak 31 Januari sampai hari ini, dari ASITA AP 1, KKP dan PHRI yang menunggu di Posko itu (penanganan virus Corona)," katanya saat dihubungi detikcom, Senin (2/3/2020).

Berkenaan dengan pernyataan Presiden Jokowi yang menyebut ada dua WNI positif Corona, Riyaman mengaku pihaknya akan memperketat pemeriksaan terhadap penumpang dari Singapura dan Malaysia.

"Saya yakin teman-teman akan lebih memperketat pengawasannya, meski dari bandara asalnya sana sudah dilakukan pemeriksaan. Pengawasan itu dilakukan kepada semua penumpang dari luar negeri, karena kita kan (di Bandara Adisutjipto) ada penerbangan dua, internasional dari Singapura dan Malaysia," ucapnya.

Pemeriksaan itu, kata Riyaman, yakni dengan menggunakan Thermal Scanner. Selain itu, pihaknya juga melakukan pemeriksaan suhu badan penumpang pesawat dari luar negeri secara manual.

"Jadi penumpang yang datang harus melalui thermal scanner. Ada juga pemeriksaan secara manual untuk memeriksa suhu badan dengan alat khusus (termometer jidat) yang diarahkan ke jidat (penumpang pesawat dari luar negeri)," kata Riyaman.

"Pemeriksaan itu biasanya hanya 2 detik saja untuk (Thermal) scanner dan untuk alat yang nempel di jidat paling hanya butuh waktu 1 detik," jelasnya.

Nantinya, apabila ada penumpang yang suhu tubuhnya lebih dari 38 derajat akan dilakukan penanganan khusus dari KKP. Selain itu, kepada penumpang juga akan diberikan kartu kewaspadaan kesehatan untuk memeriksakan diri bila yang bersangkutan mengalami gejala virus Corona.

"Untuk (penumpang yang suhu tubuhnya) 38 derajat ke atas nanti akan diobservasi KKP kemudian akan dilakukan tindakan-tindakan sesuai prosedur," katanya.

 

 

Sumber : https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-4921824/2-wni-positif-corona-bandara-yogya-perketat-pemeriksaan-penumpang?single=1

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT