OPINI - MEMAJUKAN KESEJAHTERAAN UMUM MELALUI PERAN BUMDESA BERSAMA DALAM MENGELOLA KAWASAN WISATA

wahyun 07 Oktober 2019 11:14:33 WIB

Hal pertama dan utama dari langkah-langkah ini adalah  adanya kesadaran suatu desa untuk berkolaborasi atau bekerja sama antar desa dalam rangka mewujudkan kesejahteraan bersama. Dengan demikian desa tersebut akan berperan sebagai desa pemrakarsa atau embrio lahirnya BUMDesa Bersama.

Berikut contoh penerapan BUMDesa Bersama di beberapa desa di Kecamatan Patuk dalam pengelolaan objek dan potensi wisata. Semisal Desa Putat merupakan desa yang telah muncul kesadaran adanya kesenjangan dalam bidang pariwisata di desa-desa di Kecamatan Patuk. Desa Ngalanggeran, Putat, dan Beji telah menjadi desa wisata yang ramai dikunjungi wisatawan dan kesejahteraan masyarakatnya meningkat disebabkan kondisi itu. Namun di desa-desa lain yang tidak memiliki objek wisata tidak turut menikmati hadirnya para wisatawan yang berkunjung ke Gunungkidul. Padahal desa-desa tersebut memiliki potensi lain semisal rumah makan, toko oleh-oleh, pengolahan makanan, dan lain-lain. Dari fakta ini Desa Putat merasakan pentingnya keberadaan BUMDesa Bersama yang mengelola objek wisata serta potensi-potensi wisata di Kecamatan Patuk. Harapannya objek wisata yang telah ada dapat dioptimalkan dengan kolaborasi antar desa. Desa-desa yang tidak memiliki objek wisata dapat mengembangkan potensi wisata yang lain dan dipasarkan atau dipromosikan di tempat wisata di desa lain.

Jika embrio sudah ada, langkah selanjutnya adalah menjalankan mekanisme pembentukan dan pengelolaan BUMDesa Bersama berdasarkan aturan yang telah ada. Dengan demikian pengelolaan wisata dengan asas gotong royong dan tujuan mencapai kesejahteraan bersama dapat terwujud.

 

Tamat

Karya ini pernah diikutkan dalam lomba menulis tentang Bumdesa Bersama oleh Kemendes tahun 2019

 

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT