OPINI - MEMAJUKAN KESEJAHTERAAN UMUM MELALUI PERAN BUMDESA BERSAMA DALAM MENGELOLA KAWASAN WISATA

wahyun 07 Oktober 2019 11:05:47 WIB

MEMAJUKAN KESEJAHTERAAN UMUM MELALUI PERAN BUMDESA BERSAMA DALAM MENGELOLA KAWASAN WISATA PERDESAAN

Oleh : Sri Wahyuni, S.Kom.

 

Sebagai negara yang berketuhanan, kita meyakini bahwa Tuhan telah menganugerahi setiap jengkal bumi di negara Indonesia ini dengan berbagai potensi berupa sumber daya alam. Potensi tersebut akan membawa kemakmuran jika telah tergali dan dikembangkan oleh sumber daya manusia yang sadar akan potensi tersebut dan berjuang untuk berkompeten mengelolanya. Dengan adanya sinergi antara sumber daya alam dan sumber daya manusia, untuk menciptakan negeri makmur dan rakyat sejahtera bukan suatu hal mustahil lagi.

Berdasarkan kondisi geografis dan ritme kehidupan masyarakatnya, wilayah Indonesia terbagi menjadi dua yaitu kawasan perkotaan dan perdesaan. Perbedaannya sangat jelas dan mencolok. Kawasan perkotaan mayoritas merupakan daerah industri, banyak berdiri gedung tinggi, minim lahan kosong, dan pola hidup masyarakatnya yang sibuk serta individualis. Sangat berbeda dengan tipikal kawasan perdesaan. Lahan tanpa bangunan berupa kebun, hutan, pegunungan, dan sawah masih sangat luas. Hal ini membuat lingkungan perdesaan lebih sejuk dibanding kawasan perkotaan. Selain itu pola hidup masyarakatnya juga berbeda. Gotong royong dan kepedulian masih menjadi warna utama. Kondisi inilah yang sebenarnya merupakan potensi yang dimiliki kawasan perdesaan untuk menciptakan kemakmuran bagi masyarakatnya.

Kawasan perdesaan memiliki potensi wisata yang sangat luar biasa. Hal ini seiring dengan bergesernya minat masyarakat terkait tempat kunjungan wisata. Masyarakat kota yang setiap hari telah berkutat dengan keramainan, gedung-gedung yang tinggi, polusi udara, dan penatnya bekerja cenderung ingin menghabiskan waktu liburnya dengan mengunjungi tempat yang berbeda dengan kesehariannya. Suasana yang diinginkan adalah udara yang sejuk, pemandangan yang asri, dan jauh dari hiruk pikuk. Tempat seperti ini dapat diperoleh di kawasan perdesaan. Kawasan perdesaan dapat meraup keuntungan optimal dari kondisi ini jika mampu mengembangkan daerahnya menjadi desa wisata yang mampu menyediakan semua kebutuhan calon wisatawan.

 

Bersambung

 
Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT