PERAN PEMUDA DALAM MEWUJUDKAN INDONESIA MADANI MELALUI PENDIDIKAN

22 Juni 2019 21:47:16 WIB

Peran Pemuda dalam Mewujudkan Indonesia Madani Melalui Pendidikan

Karya: Diyas Dwi Lestari

 

Berbicara masalah pendidikan tentu kita  tidak asing lagi mengenai kondisi pendidikan di Indonesia.  Saat ini pendidikan di Indonesia berada di ujung tanduk. Hal itu dapat dilihat dari banyaknya permasalahan-permasalahan mengenai pendidikan yang terus bertambah. Belum ada penanganan yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan tersebut sehingga semakin lama semakin menumpuk. Terutama pada kualitas sumber daya manusianya yang sangat minim. Padahal pendidikan merupakan salah satu factor terpenting dalam mewujudkan Indonesia madani. Pendidikan merupakan tonggak utama untuk membentuk kualitas manusia agar menjadi lebih baik. Oleh karena itu kita harus memperbaiki dan merubah system pendidikan, memberikan inovasi terhadap tenaga pendidik serta memberikan pemahaman akan pentingnya pendidikan kepada peseta didik. Apabila ketiganya itu dapat berjalan seimbang maka sangat mudah untuk membawa Indonesia menuju masyarakat madani.

Namun saat ini ketiga aspek tersebut dalam keadaan yang tidak baik-baik saja. Pasalnya banyak permasalahan-permasalahan yang sedang terjadi di setiap daerah seperti ketidakmeratanya pendidikan bagi masyarakat yang berada di daerah terpencil. Ketidakmerataan pendidikan bisa dilihat dari sarana dan pasarana sekolah yang kurang memadahi dan jauhnya jarak tempuh dari rumah ke sekolah karena didaerahnya tidak ada sekolahan. Banyak masyarakat beranggapan bahwa pemerintah tidak adil didalam hal pendidikan, karena mereka merasa bahwa pemerintah hanya terfokus pada daerah-daerah maju dan kurang memperhatikan daerah terpencil.

Selain ketidakmerataan pendidikan, masalah yang sedang dialami di Indonesia yaitu rendahnya kualitas tenaga pendidik. Beberapa tenaga didik kurang mampu menguasai teknik-teknik dalam mengajar dan menyampaikan materi sehingga siswa kurang bisa memahami materi apa yang telah disampaikan oleh guru. Kasus lain yang sering kita jumpai adalah banyak calon tenaga didik yang siap untuk turun kelapangan, namun pada kenyataannya beberapa dari mereka ada yang memilih pekerjaan lain karena gajinya lebih menjanjikan. Tentu hal tersebut akan membuat Indonesia semakin kekurangan tenaga pendidik yang berkualitas.

Masalah lain dari pendidikan yaitu berasal dari diri siswa itu sendiri, misalkan didaerah pedesaan biasanya jarang sekali dijumpai anak-anak yang mengenyam pendidikan sampai jenjang sarjana kebanyakan dari mereka tamat SMP. Ada juga yang sampai jenjang SMA namun masih dapat dihitung dengan jari. Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Mungkin salah satu faktornya terletak pada motivasi anak tersebut. Disini anak memiliki motivasi rendah tentang sekolah, sehingga mereka merasa cukup mengenyam pendidikan hanya sampai SMP atau SMA. Kebanyakan dari mereka langsung bekerja dengan gaji yang jauh dibawah standard bahkan ada juga yang melakukan pernikahan dini. Tentu kondisi tersebut sangat miris bukan?

Menurut pandangan saya lingkungan dunia pendidikan perlu diperbaiki dan dikaji ulang, khususnya di lingkungan sekolah. Kebanyakan sekolah yang ada di Indonesia ini memiliki lingkungan yang kurang baik dan nyaman untuk proses pembelajaran. Lingkungan pendidikan kurang ramah anak. Hal tersebut dilihat dari maraknya kekekrasan baik fisik maupun non fisik yang terjadi secara berulang ulang seperti penganiayaan siswa terhadap guru, penganiayaan guru terhadap siswa, penganiayaan wali murid terhadap guru, tawuran antar pelajar dan pelecehan seksual. Hal itu terjadi karena rendahnya kualitas sumber daya manusia yang ada di Indonesia. Mereka bertindak sesuai keinginan tanpa berifikir panjang mengenai  sebab dan akibat atas ulah yang mereka perbuat.

Disinilah peran pemuda sangat dibutuhkan untuk menumpaskah permasalahan-permasalahan demi mewujudkan Indonesia menjadi masyarakat madani. Untuk itu kita harus memahami tentang apa yang dimaksud dengan masyarakat madani. Masyarakat madani  yaitu masyarakat yang memegang teguh ideology, berakhlak mulia, secara politik ekonomi social dan budaya yang bersifat mandiri, serta memiliki peranan demokratis. Setelah kita tau apa itu masyarakat madani bagaimana langkah kita? Tentunya kita sebagai pemuda harus memahami dan mengamalkan konsepan tersebut.

Langkah pertama yang harus kita lakukan yaitu kita harus belajar dan mengenyam pendidikan setinggi mungkin. Karena tujuan pendidikan itu sangatlah baik yaitu memanusiakan manusia. Ketika kita sudah punya banyak ilmu maka kita akan dengan mudah mengajak orang lain untuk senantiasa melanjutkan sekolah. Karena dengan tingkat putus sekolah yang semakin rendah akan memberikan dampak positif bagi social ekonomi masyarakat, salah satu contohnya yaitu ketika seseorang memiliki jenjang pendidikan lebih tinggi maka ketika bekerja maka orang tersebut akan mendapatkan gaji yang tinggi pula sehingga kehidupan ekonominya akan meningkat.

Langkah selanjutnya yaitu kita harus mampu membuktikan kepada masyarakat luas bahwa dengan adanya pendidikan memberikan dampak yang baik bagi kehidupan terutama menuju Indonesia Madani. Pemuda diharapkan mampu mentransferkan ilmunya melalui kegiatan-kagiatan sosial maupun kegiatan lainnya kepada masyarakat serta adanya dukungan dari pemerintah terhadaap persamaan kesempatan bagi pemuda pemuda pelosok untuk mengembangkan minat dan bakatnya karena pendidikan adalah prioritas utama untuk membangun bangsa yang sejahtera. Pemuda haruslah memiliki semangat yang tinggi dan menjadi garda terdepan dalam mendobrak kebijakan-kebijakan pemerintah yang kurang sesuai dengan prinsip keadilan dan persamaan kedudukan yang mana telah diatur didalam undang-undang. 

 

 

Patuk, 20 Juni 2019

 

Diyas_dwi

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT