MODAL ULET, BUAH NAGA BISA BERBUAH

Lian 10 Maret 2018 18:51:53 WIB

Putat (SIDA) – Hylocereus atau yang sering kita kenal dengan sebutan buah naga ini merupakan buah eksotik yang kaya akan vitamin dan antioksidan. Buah yang berasal dari Meksiko ini sangat populer di Indonesia karena kandungan pada buahnya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Karena hal tersebut, Ismiyati mulai tertarik menanam dan merawat buah naga ini.

Salah satu warga Padukuhan Bobung ini tidak serta merta langsung mahir dalam merawat tanaman eksotik yang satu ini. Buah yang masih satu jenis dengan kaktus ini bisa dibiakan dengan stek batang namun berbagai kendala telah Ia rasakan saat berupaya menumbuhkannya. Beberapa kali buah naga yang Ismiyati tanam terpasa dipindahkan ke tempat yang terkena sinar matahari langsung karena tanaman ini membutuhkan penyinaran sekitar 14 jam setiap harinya untuk bisa melakukan fotosintesis.

Beberapa kali pemindahan tersebut mengakibatkan proses tertumbuhan buah naga yang dimiliki Ismiyati ini terhambat. Namun setelah beberapa tahun Ia mempelajari karakteristik tanaman yang satu ini dan merawatnya berdasarkan pengalaman yang Ia dapatkan, Ismiyati bisa melihat kerja kerasnya selama ini mulai membuahkan hasil. Saat ini buah naga yang dirawatnya dengan susah payah telah mulai berbunga.

“Beberapa kali saya memindahkan buah naga ini ke tempat yang lebih terang. Maklum, di sekitar rumah saya banyak pepohonan yang menghalangi sinar matahari jadinya kurang sesuai untuk menanam buah naga. Tapi saat ini saya senang, walau secara autodidak ternyata saya mampu menumbuhkan buah naga hingga dapat berbunga.” Ujarnya.

Komentar atas MODAL ULET, BUAH NAGA BISA BERBUAH

L_Meong 16 Maret 2018 06:15:52 WIB
Terimakasih Bapak, atas kunjungannya di website Desa Putat. Terimakasih juga kami ucapkan atas masukan yang diberikan, semoga menjadi manfaat dan menambah inspirasi bagi warga.
H.Sukardi 12 Maret 2018 13:14:51 WIB
Buah Naga le nandur bagus pada lahan yang tanahnya berpasir ngango Turus Kayu sik kuat koyo kayu ulin duwure dikasih ban Sepeda Motor bekas, semoga sukses dicoba saja ...tetapi banyak hama penyakitnya juga....

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT