RASULAN, BATUR ADAKAN RAPAT PERSIAPAN

Tari 09 Maret 2018 13:01:10 WIB

Putat (SIDA) – Bersih Dusun atau yang lebih kita kenal dengan Rasulan merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Acara tersebut seperti magnet yang dapat menarik perhatian khalayak umum, terutama bagi mereka yang berasal dari luar kota. Selain keramaian acaranya, yang paling menarik perhatian adalah prosesi kenduri dan pembagian Sarang yang masih dilaksanakan sesuai adat dan merupakan tinggalan kebudayaan dari nenek moyang.

Tahun ini warga Padukuhan Batur akan mengadakan Rasulan selama dua hari berturut-turut, yaitu pada 18-19 Maret 2018 dengan menampilkan Reog, Gejog Lesung dan juga tarian tradisional lainnya. Menurut rencana yang telah disepakati dalam rapat persiapan yang dihadiri seluruh unsur masyarakat Padukuhan Batur maupun Pendamping Desa Budaya Putat pada 27 Februari 2018 yang lalu, Kirab yang diselenggarakan pada 18 Maret tersebut berpusat di Joglo Cipto Wening yang diakhiri dengan persembahan kesenian-kesenian tradisional yang dibawakan warga lokal.

Pada hari kedua telah direncanakan prosesi kenduri yang akan dilaksanakan di Balai Padukuhan. Acara perayaan dan kenduri dilaksanakan secara terpisah agar prosesi kenduri tersebut lebih hikmat.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT