POSBINDU UNIT PUTAT WETAN RESMI BUKA LAYANAN

22 Februari 2018 02:58:46 WIB

Putat (SIDA)- Pos Pembinaan Terpadu (POSBINDU) Unit Putat Wetan resmi buka layanan bagi warga masyarakat Desa Putat dari wilayah Padukuhan Gumawang, Putat Wetan, Putat I dan Putat II.

Pembukaan layanan perdana POSBINDU Unit Putat Wetan dilaksanakan pada hari Sabtu, 17 Februari 2018 yang lalu di Balai Padukuhan Putat Wetan pada pukul 10.00 WIB dan dihadiri oleh petugas dari UPT Puskemas Patuk II serta Juni Putra Nugraha selaku Kasi Pelayanan Desa Putat sebagai Ketua Desa Siaga Putat.

Pelaksanaan layanan perdana tersebut, Kader POSBINDU Unit Putat Wetan didampingi penuh oleh para petugas. Mereka dibimbing secara langsung untuk memastikan pelayanan sesuai standar sehingga aman bagi masyarakat serta untuk menjelaskan alur layanan secara langsung. Hal tersebut dilakukan karena Kader POSBINDU baik di Unit Bobung maupun di Unit Putat Wetan adalah kader-kader baru yang secara khusus dibentuk dan dilatih sehingga harus dipastikan bahwa teori dan praktek yang telah diberikan dapat diaplikasikan dengan baik dan benar.

Kader POSBINDU di Unit Putat Wetan merupakan warga yang memilki dasar ilmu kesehatan khususnya keperawatan. Mereka merupakan mahasiswi atau lulusan perguruan tinggi yang sengaja dipilih agar ilmunya dapat diberdayakan bagi masyarakat.

“Delapan puluh persen kader di sini (Unit Putat Wetan) adalah lulusan dan mahasiswi aktif jurusan keperawatan. Ada yang SMA Kesehatan maupun perguruan tinggi. Ini keuntungan tersendiri bagi kami. Dan kendala yang dihadapi relatif kecil, mereka masih canggung untuk melayani masyarakat secara langsung baik saat komunikasi dengan pasien maupun saat menggunakan alat. Sebenarnya sudah mampu, mungkin hanya grogi saja.” Jelas Ratih selaku Koordinator UKM dari UPT Puskesmas Patuk II.

Dalam sambutannya, Juni berharap POSBINDU di Unit Putat Wetan dapat membantu Puskesmas Patuk II dalam mendekatkan layanan kesehatan bagi masyarakat. Nantinya POSBINDU dapat melayani pengecekan tekanan darah, gula darah, kolesterol dan asam urat. Namun peralatan pendukung seperti stik sebagai media pengecekan darah belum tersedia. Selain itu masyarakat juga dapat berkonsultasi serta para kader akan memberikan saran kesehatan setelah mengetahui hasil pengecekan.

Pada pembukaan layanan perdana tersebut, POSBINDU Unit Putat Wetan diikuti oleh 31 orang yang berasal dari Padukuhan Gumawang, Putat Wetan dan Putat I. Sementara dari Padukuhan Putat II belum ada yang memanfaatkan layanan tersebut.

Semoga dengan pendekatan layanan kesehatan bagi masyarakat di Desa Putat dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya pada Penyakit Tidak Menular (PTM) yang dapat diketahui sejak dini. Sehingga salah satu tujuan pemerintah melalui program Indonesia Sehat dapat tercapai.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT