FPRB DESA PUTAT DAN WARGA PUTAT II RESPON CEPAT TANAH LONGSOR

13 Februari 2018 03:45:35 WIB

Putat (SIDA)- Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Desa Putat merespon dengan cepat kejadian tanah longsor di Padukuhan Putat II. Intensitas hujan yang tinggi terjadi pada hari Minggu, 11 Februari 2018 berdampak pada longsornya tebing di belakang rumah milik Sujarwo yang beralamatkan di RT 035 RW 009 Padukuhan Putat II. Longsornya tebing setinggi sekitar 4 meter tersebut terjadi sekitar pukul 17.15 WIB dan mengancam dinding rumah milik  Sujrawo.

Mendapati laporan tersebut, FPRB Desa Putat yang diketuai M. Ali Syafrodin, S.Sos. kemudian mengirimkan dua lembar terpal guna menutup lokasi longsoran serta membuat saluran air di atasnya agar tidak mengalir pada lokasi longsor agar tidak terjadi longsor susulan. Dengan dibantu masyarakat sekitar terpal dan saluran air berhasil dibuat dan akan dilanjutkan pembersihan material longsoran keesokan harinya. Hal tersebut dikarenakan kondisi malam tersebut masih terjadi hujan dan beresiko apabila diselesaikan malam itu.

Senin, 12 Februari 2018 FPRB Desa Putat dibantu warga sekitar, relawan Tagana Kecamatan Patuk bersama-sama melaksanakan kerja bakti pembersihan material. Dengan peralatan seperti angkong, cangkul dan ember yang dibawa oleh masyarakat, para potensi yang datang langsung bekerja membersihkan material dengan didampingi oleh Ketua FPRB Desa Putat dan Dukuh Putat II, Yasinta Ratnawati, A.Md.

Selain kerja bakti FPRB Desa Putat juga menyerahkan dua paket bantuan berupa dua karton mi instan, dua karton air mineral dan dua kantong plastik yang berisi minyak goreng, gula dan teh. Logistik tersebut merupakan bantuan dari BPBD Gunungkidul yang diserahkan melalui FPRB Desa Putat.

Sebagai upaya tindak lanjut, FPRB Desa Putat berkoordinasi dengan Sujarwo dan Pemerintah Desa Putat untuk merencanakan pengerukan tebing di belakang rumah Sujarrwo agar dapat mengurangi tekanan longsoran. Mereka berupaya untuk mendatangkan alat berat guna melaksanakan upaya tersebut namun masih menunggu proses koordinasi dengan pemilik tanah di sekitarnya sebagai akses masuknya alat berat.

Semoga dengan sinergitas antara FPRB Desa Putat, masyarakat dan Pemerintah Desa Putat dapat menjadikan Desa Putat menjadi Desa yang tangguh dan sigap dalam menghadapi kejadian yang berpotensi menjadi bencana sehingga kerugian dalam bentuk apapun dapat diminimalisir.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT