UPT PUSKESMAS PATUK II LAYANI MASYARAKAT DI PUTAT WETAN

13 Februari 2018 03:44:23 WIB

Putat (SIDA)- UPT Puskesmas Patuk II berupaya mendekatkan layanan bagi masyarakat di Desa Putat. Senin, 12 Februari 2018 Sri Wahyuni, Ratih dan Wahyudi dari UPT Puskesmas Patuk II mengunjungi Padukuhan Putat Wetan sesuai jadwal keliling bersamaan dengan Posyandu Balita di padukuhan tersebut.

Posyandu Nusa Indah VII di Padukuhan Putat Wetan sengaja menunda layanan pemantauan perkembangan balita guna menyesuaikan jadwal kunjungan dari UPT Puskesmas Patuk II yang lebih dulu mereka terima melalui Kasi Pelayanan Desa Putat, Juni Putra Nugraha. Posyandu Balita yang biasanya dilaksanakan serempak pada tanggal 11 setiap bulan di seluruh Posyandu yang ada di Desa Putat diundur agar selain layanan posyandu seperti biasanya, masyarakat sekaligus mendapatkan layanan pemeriksaan dari para petugas.

Selain untuk pendampingan rutin pada kegiatan posyandu balita, kehadiran petugas tersebut sekaligus memberikan layanan jemput bola bagi warga yang sedang sakit namun belum sempat periksa ke Balai Pengobatan di komplek Kantor Pemerintah Desa Putat atau ke Puskesmas Induk di Tawang, Ngoro-oro.

Minimnya pasien yang memeriksakan diri diharapkan dapat menjadi gambaran umum kondisi kesehatan masyarakat di Padukuhan Putat Wetan relatif kondusif dan stabil.

“Pasien yang datang memang sedikit, semoga ini bukan karena informasi yang tidak sampai pada masyarakat namun memang kondisi masyarakat di sini dalam keadaan sehat secara umum. Informasi sudah kami sampaikan melalui surat serta lebih dulu melalui informasi informal baik dengan media grup Forum Komunikasi Puskesmas serta melalui Pak Juni.” Jelas Wahyudi.

Meskipun minim pasien yang datang untuk periksa bukan berarti para petugas hanya diam saja sembari menunggu pasien. Mereka turut mendampingi kegiatan rutin di Posyandu Nusa Indah VII tersebut yang melaksanakan kegiatan pemantauan tumbuh kembang balita, pemberian Vitamin A serta PMT bagi balita.

Mereka mengapresiasi atas kebijakan dari Pemerintah Desa yang memberikan himbauan kepada para Kader Desa untuk membuat PMT dengan menu alami dan bukan olahan pabrik. Mereka mengapresiasi hal tersebut setelah melihat menu PMT yang dibagikan saat itu berupa Tahu, Puding, Susu Kedelai serta Buah Peer.

“Himbauan yang baik dari Pemerintah Desa Putat, kami sangat apresiasi kebijakan tersebut. Semoga hal ini bisa dipertahankan agar tujuan utama dari pembagian PMT tersebut tercapai.” Ungkap Sri Wahyuni selaku Bidan Desa.

Pemerintah Desa Putat melalui Kasi Pelayanan maupun Desa Siaga Putat berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat sesuai dengan kemampuan anggaran desa. Mulai dari Program Jamban Sehat bagi warga miskin, fasilitasi peralatan di posyandu, Pelatihan KP-Ibu, Honor Kader, pembentukan Posyandu Remaja dan baru-baru ini Pemerintah Desa Putat mulai membuka layanan Posbindu di Unit Bobung dan akan diikuti di Unit Putat Wetan. Dengan beberapa program tersebut diharapkan dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Desa Putat.

Komentar atas UPT PUSKESMAS PATUK II LAYANI MASYARAKAT DI PUTAT WETAN

Admin 22 Februari 2018 03:08:33 WIB
Terima kasih Bapak H. Sukardi atas kunjungan dan masukannya. Sebagai informasi bahwa Desa Putat sedang dalam proses pembuatan Buku Sejarah Desa yang difasilitasi oleh Dinas Kebudayaan. Namun tentunya kami sangat mengalami kendala karena keterbatasan narasumber yang ada sehingga dimungkinkan sejarah Desa Putat nantinya tidak dapat sempurna seperti adanya. Demikian jawaban kami atas masukan dari Bapak. Terima kaasih atas kepeduliannya kepada kami.
H.Sukardi 13 Februari 2018 13:50:50 WIB
Mas Admin Tlg sampaen Buatkan Nama Kepala Desa Putat Pertama sampai Sekarang jadi Selama Desa Putat Berdiri Pertama Kali sampai saat ini siapa Saja Kepala Desa nya ...Mhn maaf Biat tambah Lengkap... Kemudian Tentang Sejarah Berdirinya Desa Putat Bisa di Cari lagi yang lebih mendekati ...Suwun Njih

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT