POSBINDU UNIT BOBUNG SIAP MELAYANI MASYARAKAT

12 Februari 2018 00:36:59 WIB

Putat (SIDA)- Pos Pembinaan Terpadu (POSBINDU) Desa Putat Unit Bobung mulai membuka pelayanan pada hari Sabtu, 10 Februari 2018 di Balai Pengobatan Bobung yang berada di kompleks Joglo Puratama Wisata Bobung.

Dalam pelayanan perdana tersebut para Kader POSBINDU yang mulai menjalankan tugasnya secara langsung didampingi para petugas dari UPT Puskesmas Patuk II seperti Endri Winarsih, Siti Rahmawati dan lain-lain yang mencapai 6 orang. Mereka sengaja mendampingi para kader untuk memastikan pelayanan berjalan sesuai dengan materi pelatihan yang telah disampaikan beberapa waktu yang lalu. Selain itu mereka mengantisipasi apabila para kader mengalami kesulitan dalam pengisian buku ataupun kendala dalam peralatan bisa langsung dijelaskan.

“Kami sengaja dating mendampingi pelayanan perdana ini untuk memastikan pelayanan sesuai dengan standar sesuai dengan materi pelatihan. Selain itu apabila ada kesulitan para kader bisa langsung bertanya pada kami. Dan Alhamdulillah, sejak awal samapi selesai pelayanan para kader bisa bekerja dengan baik. Ada sedikit kendala tapi bukan hal yang krusial, mereka lebih kepada ragu-ragu dan itu wajar karena ini adalah kerja pertama mereka.” Jelas Endri.

Pelayanan perdana tersebut diikuti oleh 21 peserta yang mayoritas berusia lansia. Bahkan ada satu peserta yang baru tau bahwa memiliki asam urat tinggi karena memang baru berkesempatan tes di POSBINDU Bobung tersebut. Kemudian oleh kader dan petugas puskesmas diberikan penjelasan untuk menjaga pola makan yang sehat agar asam urat tersebut tidak semakin tinggi.

POSBINDU Unit Bobung nantinya akan melayani lima padukuhan yaitu Batur, Bobung, Kepil, Plumbungan dan Sendangsari sedangkan Unit Putat Wetan yang akan membuka layanan perdana pada tanggal 17 Februari mendatang akan melayani Padukuhan Gumawang, Putat Wetan, Putat I dan Putat II.

Pembagian cakupan layanan tersebut dikarenakan Desa Siaga Putat baru bisa memfasilitasi dua unit posbindu sebagai sampel. Dalam waktu satu tahun ke depan akan dilihat perkembangannya untuk menjadi evaluasi guna membentuk posbindu di unit-unit lain secara bertahap sesuai dengan kemampuan desa.

“Alhamdulillah, pembukaan perdana Posbindu Unit Bobung berjalan lancer. Semoga posbindu ini dapat bermanfaat bagi masyarakat di Desa Putat dan mendekatkan layanan kesehatan yang dikhususkan pada Penyakit Tidak Menular.” Jelas Juni selaku Kasi Pelayanan sekaligus Ketua Desa Siaga Putat.

Juni yang baru bisa hadir satu jam sebelum jam pelayanan usai tersebut masih berkesempatan untuk mengamati jalannya pelayanan dan berdiskusi dengan petugas dari puskesmas guna menyiapkan kebutuhan peralatan di Unit Putat Wetan serta perencanaan biaya layanan untuk hari-hari berikutnya.

“Pada pembukaan layanan perdana ini semua digratiskan, namun ke depan akan kita kenakan biaya pengganti stik untuk setiap jenis pemerikasaan. Biaya itu bukan untuk honor kader tapi untuk operasional saja seperti pembelian stik untuk tes kolesterol, asam urat dan gula darah.” Imbuh Juni mengakhiri perbincangan.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT