DESA PUTAT SALURKAN PROGRAM JAMBANISASI BAGI RTM

10 Januari 2018 01:40:52 WIB

Putat (SIDA)- Pemerintah Desa Putat salurkan bantuan material melalui program Jambanisasi bagi Rumah Tangga Miskin berdasar pada usulan dari padukuhan yang disinkronkan dengan data BDT Tahun 2016.

Program yang direncanakan sebanyak sepuluh paket tersebut hanya bisa direalisasikan sebanyak enam paket karena sumber dana program tersebut diambilkan dari Pendapatan Asli Desa (PAD). Sedangkan PAD yang didapat relatif kecil dan harus dibagi untuk kegiatan yang lain dengan sumber dana yang sama.

Dengan realisasi sebanyak enam paket tersebut Pemerintah Desa harus berkoordinasi dengan dukuh yang telah mengajukan daftar nama untuk menentukan skala prioritas dalam penyaluran bantuan. Adapun sebagai pertimbangan dalam penentuan skala prioritas antara lain adalah kebutuhan akan jamban sehat bagi warga yang bersangkutan serta kesanggupan dalam swadaya pembangunannya.

“Bantuan material dari desa memang bisa dikatakan sudah lengkap namun tidak bisa sesuai dengan kebutuhan karena bersifat stimulan. Untuk jenis material sudah kita lengkapi mulai dari pasir, kloset, bahan atap, dinding hingga pakunya kita sediakan. Tapi seperti buis beton untuk pembuatan septiktank memang hanya dua unit, artinya perlu swadaya agar kapasiras septiktank bisa lebih besar. Selain itu diperlukan swadaya tenaga selama pembangunannya.” Jelas Juni selaku Kasi Pelayanan Desa Putat.

Adapun enam warga yang berkesempatan menerima program jambanisasi di tahun ketiga tersebut antara lain Maryono dari Padukuhan Batur, Muryanto dari Padukuhan Bobung, Mugiman dari Padukuhan Kepil, Maryoto dari Padukuhan Plumbungan, Sukedi dari Padukuhan Sendangsari dan Tumiyo dari Padukuhan Putat II.

Peluang bantuan jambanisasi juga masih ada dari Kecamatan Patuk sebanyak lima belas paket. Informasi tersebut disampaikan oleh Kasi Kessos Kecamatan Patuk. A. Ruswanta, SH. saat rapat koordinasi dengan Kasi Pelayan se Kecamatan Patuk bersama TKSK Patuk.

Kuota dari kecamatan tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan untuk membantu percepatan program jambanisasi di setiap desa guna peningkatan taraf kesehatan lingkungan masyarakat di Kecamtan Patuk.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT