FPRB PUTAT KERJA BAKTI PASANG EWS TANAH LONGSOR

31 Desember 2017 21:41:39 WIB

Putat (SIDA)- Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Desa Putat malaksanakan kerja bakti memasang alat deteksi dini atau Early Warning System (EWS) Tanah Longsor pemberian dari BPDB Gunungkidul. Kerja bakti tersebut dilaksanakan pada hari Minggu, 31 Desember 2017 yang dimulai pada pukul 10.00 WIB.

Sejumlah pengurus FPRB Putat yang belum lama ini dikonsolidasikan dengan reshufle pengurus antara lain M. Ali Syafrodin selaku Ketua FPRB, Agus Tiono, Seni Lestari, Juni Putra Nugraha, Suradi serta dibantu oleh Dwi Purnomo selaku Ketua RT 035 RW 009 Padukuhan Putat II yang menjadi lokasi pemasangan EWS, Hanafi dari Tagana Patuk dan relawan dari GASSAK Kecamatan Patuk dan warga setempat.

Lokasi pemasangan tersebut dipilih karena pernah terjadi longsoran yang menimpa satu unit rumah milik Roseno Tri Wibowo pada tahun 2016 silam dan memaksa untuk relokasi karena lokasi sudah tidak layak untuk pemukiman.

Lokasi tersebut memang berada di tebing yang cukup tinggi dan mengancam satu rumah dengan dua Kepala Keluarga yaitu Jarwo dan Iwan sehingga FPRB Putat memutuskan EWS tersebut di Putat II. Selain rumah yang dihuni oleh Jarwo dan Iwan beserta keluarga, rumah Dwi Purnomo juga berada tidak jauh dari lokasi sehingga diharapkan alat tersebut dapat menjadi rambu-rambu untuk pencegahan bencana agar tidak memakan kerugian.

“Ketiga KK tersebut sudah disarankan untuk relokasi bersamaan dengan Roseno tahun lalu, namun mereka masih enggan untuk meninggalkan rumahnya. EWS ini semoga bisa bermanfaat bagi ketiga KK tersebut untuk pencegahan kerugian akibat bencana.” Jelas Juni.

Pemasangan EWS tersebut selesai pada pukul 13.30 WIB dan diakhiri dengan makan bersama dengan anggaran yang diberikan oleh BPBD guna pembelian material dan konsumsi kerja bakti.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT