GLADI BERSIH, KETHOPRAK DESA BUDAYA PUTAT SIAP TAMPIL

29 Desember 2017 01:51:36 WIB

Putat (SIDA)- Gladi Bersih Kethoprak Desa Budaya Putat dilaksanakan pada hari ini, Kamis 28 Desember 2017 pukul 20.00 WIB di Joglo Puratama Wisata Padukuhan Bobung.

Atraksi Budaya yanag akan menampilkan potensi budaya berupa pentas kethoprak tersebut akan digelar pada hari Sabtu, 30 Desember 2017 di tempat yang sama.

Gladi kethoprak itu sendiri telah dilaksanakan sejak dua minggu terakhir setelah mendapatkan anggaran fasilitasi pelaksanaan pentas atraksi budaya dari Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul.

Joglo Puratama Wisata dipilih bukan tanpa alasan. Desa Budaya dan beberapa Tokoh Seni dan Budaya di Desa Putat sepakat memilih lokasi tersebut dengan beberapa pertimbangan diantaranya gemelan yang sudah tersedia, memiliki halaman yang luas untuk kenyamanan penonton serta kapasitas parkir kendaraan. Sehingga untuk meminimalisir kebutuhan dalam persiapan seperti mobilisasi gamelan dan lain-lain maka kesepakatan tersebut diambil sebagao solusi terbaik.

“Joglo Puratama Wisata dipilih bukan tanpa alasan tetapi sudah dipertimbangkan dalam forum. Di Batoer Hill juga ada joglo milik masyarakat namun kemungkinan sudah disiapkan untuk menyambut acara perayaan malam tahun baru oleh pengelola Batoer Hill Resort and Resto, sedangkan di Balai Desa Putat kita akan kerepotan dalam mobilisasi gamelan serta lahan parkir yang sempit.” Jelas Kemiran selaku salah satu pengurus Desa Budaya.

Gladi Bersih tersebut dilaksanakan guna memantau perkembangan terkahir serta mengamati kesiapan pelaku seni dalam memainkan alur cerita dan dialog apakah sudah sesuai dengan skenario yang disiapkan oleh sutradara.

Pentas Kethoprak Tunggal Budaya Desa Putat akan diiringi Kelompok Karawitan Kenoko Laras Desa Putat. Keduanya merupakan kelompok kesenian yang hingga kini paling konsisten dalam pelestarian budaya serta memiliki proses regenerasi yang cukup baik. Meskipun regenerasi pada saat ini tidak terbatas hanya warga Desa Putat namun juga berasal dari luar Desa Putat seperti salah satu remaja dari Forum Mahasiswa Kecamatan Patuk (FMKP) Utik Rahmawati yang berasal dari Padukuhan Plosokerep Desa Bunder tersebut telah bergabung dalam pentas kethoprak sejak diadakannya Festival Kethoprak di Kabupaten Gunungkidul dan berlanjut pada persiapan pentas yang akan dilaksanakan sabtu esok.

Dengan keterlibatan Utik Rahmawati dalam pentas besok diharapakan dapat menjadi motivasi tersendiri bagi remaja di Desa Putat yang notabene merupakan Desa Budaya yang memiliki tanggung jawab dalam pelestarian dan pengembangan budaya.

Komentar atas GLADI BERSIH, KETHOPRAK DESA BUDAYA PUTAT SIAP TAMPIL

Djoen's 11 Januari 2018 17:55:06 WIB
Dipersilahkan untuk publikasi dan dokumentasi. Namun untuk tidak merubah isi dari artikel dan melampirkan alamat web kami. Untuk blognya apa ya? Terima kasih.
Sumberagung 02 Januari 2018 17:28:24 WIB
Izin copy untuk blog kami

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT