DESA BUDAYA PUTAT PERSIAPKAN FESTIVAL SHOLAWAT JAWI

29 Desember 2017 01:32:35 WIB

Putat (SIDA)- Desa Budaya Putat mengadakan rapat koordinasi guna mempersiapkan kegiatan terkahir di Tahun Anggaran 2017 pada hari Kamis, 28 Desember 2017 di Ruang Kepala Desa Putat.

Rapat yang dihadiri oleh Kepala Desa Putat, Ketua dan Pengurus Desa Budaya Putat serta perwakilan Pengurus Kelompok Kesenian Sholawat Jawi se Desa Putat tersebut dimulai pada pukul 09.30 WIB dengan agenda tunggal yaitu membahas persiapan festival.

Dalam sambutannya, Sukardi selaku Kepala Desa Putat menyampaikan bahwa sebagai Desa Budaya harus berupaya melestarikan, menjaga dan mengembangkan potensi budaya yang dimiliki. Proses regenerasi anggota menjadi penting sebagai upaya pelestariannya. Festival tersebut diharapkan mampu menarik minat masyarakat khususnya para remaja agar memahami dan berpartisipasi dalam pengembangan dan pelestarian salah satu kekayaan budaya di Desa Putat tersebut.

Berbagai pandangan dan usulan seperti mekanisme pelaksanaan festival hingga tempat pelaksanaan muncul dalam diskusi tersebut. Ada usulan untuk pelaksanaan secara serempak di lokasi yang sama namun diselenggarakan dengan tempat yang bergiliran, pelaksanaan di lokasi kelompok masing-masing sebagai pembinaan serta menetapkan satu tempat tanpa bergiliran.

Dari berbagai macam usulan tersebut akhirnya forum menyepakati bahwa festival di tahun 2017 tersebut akan digelar di Balai Desa Putat serta merubah konsep festival menjadi pembinaan ke setiap kelompok agar Pemerintah Desa Putat melalui Pengurus Desa Budaya dapat melihat kondisi setiap kelompok sholawat dari dekat serta mengetahui keadaan pengembangan dan pelestariannya di tengah-tengah kehidupan masyarakat.

Berkaitan dengan berakhirnya Tahun Anggaran 2017, Sumadi selaku Kaur Keuangan sekaligus Bendahara Desa menyampaikan bahwa batas maksimal penyelesaian kegiatan tidak boleh lebih dari tanggal 10 Januari 2018 sebagai toleransi yang diberikan oleh pemerintah. Dengan demikian forum bersepakat bahwa festival sholawat akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 6 Januari 2018 pekan depan.

Dari delapan kelompok yang ada di Desa Putat hanya Kelompok Madyo Laras Gumawang yang berhalangan hadir karena seluruh anggota kelompok sedang mengisi acara hajatan salah satu warga di padukuhan tersebut sehingga Juni Putra Nugraha akan meminta kepastian kesiapan kelompok di lain waktu.

Dengan penyelenggaraan Festival Sholawat Jawi tersebut diharapkan bisa menjadi wadah dalam upaya melestarikan salah satu potensi budaya yang ada di Desa Putat serta menjadi media dakwah dan pembelajaran bagi masyarakat di Desa Putat.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT