PENYULUHAN STBM DI PADUKUHAN PLUMBUNGAN

Tari 14 Desember 2017 20:29:46 WIB

Putat (SIDA) – Selasa 12 Desember 2017 UPT Puskesmas Patuk II mengadakan penyuluhan STBM (Sanitasi Berbasis Masyarakat) di Padukuhan Plumbungan. Karena pentingnya hal tersebut untuk kesehatan masyarakat sehingga perlu disosialisasikan agar masyarakat mengetahui dan bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Sanitasi berbasis masyarakat memiliki lima pilar, yang pertama ialah buang air besar pada jamban yang sehat, tidak boleh disembarang tempat.

Kedua, cuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir. Sebaiknya dengan sabun cair kalau dengan sabun batangan dipotong kecil-kecil sehingga bisa sekali pakai, karena segala macam penyakit bisa berasal dari tangan yang tidak bersih.

Ketiga, pengelolaan air minum dan makanan, sebaiknya menggunakan air yang benar-benar bersih dan steril. Jika mengolah sayuran sebaiknya dicuci terlebih dahulu dengan air yang mengalir dan masak dengan benar.

Keempat, pengolahan rumah tangga misalkan sampah dikelompokkan berdasarkan jenisnya ada sampah plastik dan non plastik, yang bisa didaur ulang bisa disendirikan agar mudah dalam pengolahannya.

Kelima, pengoalahan limbah dan air harus dipilah-pilah supaya mudah dalam pengolahannya dan untuk limbah air sebaiknya dibuatkan lubang resapan sehingga tidak mencemari lingkungan.

Sumber kesehatan itu berawal dari diri kita sendiri, jika kita menjaga kebersihan maka dengan sendirinya juga akan menjadi sumber kesehatan bagi diri kita dan keluarga. Kebersihan merupakan sebagian dari iman.

 

Dokumen Lampiran : PENYULUHAN STBM DI PADUKUHAN PLUMBUNGAN


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT