WHORKSHOP MEMBANGUN DESA MELALUI PATRIOT DESA WISATA

14 Desember 2017 16:43:41 WIB

Putat (SIDA) - Desa Wisata Tembi ,Triharjo Bantul mengadaka acara workshop yang di fasilitasi oleh Kementrian Pariwisata melalui Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Wisata Budaya, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Dan Industri Pariwisata dan Kementrian Pariwisata. Acara tersebut berlangsung pada 14-15 Desember 2017.

Peserta yang hadir pada workshop tersebut merupakan perwakilan dari Desa Wisata yang ada di Aceh sampai dengan Papua.

Desa Wisata Putat juga berkesempatan untuk mengikuti Acara berskala Nasional tersebut. Dengan adanya acara workshop tersebut diharapkan bisa menjadi ajang silaturahmi dan sharing untuk berbagi ilmu dan kiat-kiat bagaimana Seorang Leader bisa berwawasan luas untuk memajukan potensi wisata yang ada di wilayahnya.

Sebagai Warga Desa kita jangan minder dengan kemampuan dan juga sumber daya yang ada. Banyak hal yang bisa di-expose dan digali untuk bisa menghasilkan devisa lokal karena trend sekarang yang terjadi adalah back to nature (kembali ke alam). Segala sesuatu yang berkaitan dengan kearifan lokal di masing-masing pedesaan bisa kita jual untuk menghasilkan income.

Dalam hal ini kita dituntut untuk beraksi dan kreasi agar apa yang ada disekitar kita menjadi lebih menarik untuk disajikan sebagai tempat pariwisata. Memang tidak mudah untuk merubah pola pikir masyarakat yang kebanyakan masih mempertahankan tradisi dan tidak peka terhadap perubahan, namun hal tersebut sebenernya nilai tambah yang seharusnya menjadi semangat untuk pelaku wisata, dimana kita tidak perlu serta merta berubah namun cukup kita poles sedikit dengan kesadaran untuk menjadi pelaku usaha wisata.

Perubahan tersebut dapat diawali dengan Kebudayaan lokal, kearifan lokal, kuliner lokal, kerajinan lokal, homestay dll. Semua bisa kita kemas menjadi satu paket wisata yang akan sangat menarik bagi wisatawan. Semoga masyarakat mulai tumbuhkan ide-ide kreatif sehingga perputaran uang tidak hanya di perkotaan saja, namun sebagi Masyarakat Pedesaan kita juga harus bisa menjadi Pemerintahan yang terkecil sehingga bisa mencukupi segala kebutuhan dari masyarakatnya.

Dokumen Lampiran : Whorkshop Membangun Desa Melalui Patriot Desa Wisata


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT