EVALUASI PROGRAM PERENCANAAN PERSALINAN DAN PENCEGAHAN KOMPLIKASI BAGI IBU HAMIL

Tari 14 Desember 2017 13:23:07 WIB

Putat (SIDA) – Kamis, 14 Desember 2017 UPT Puskesmas Patuk II mengadakan Evaluasi P4K (Program Persalinan dan Pencegahan Komplikasi) bagi ibu hamil. Acara ini dihadiri oleh perwakilan setiap Koordinator Kader dari masing–masing Padukuhan di Wilayah Kerja Puskesmas Patuk II. Dalam acara evaluasi tersebut mendatangkan Indri selaku Kepala Bidan di UPT Puskesmas Patuk II sebagai penyampai materi.

Tujuan dari acara tersebut adalah agar semua ibu hamil bisa terdata dan mendapatkan pelayanan paripurna, sehingga apabila ada komplikasi bisa segera diatasi sedini mungkin. Setiap ibu hamil harus melaksanakan pemeriksaan kehamilan secara keseluruhan. Pertama harus diperiksa di Laboratorium mengenai Hb (hemoglobin), golongan darah, HBsAg (merupakan antigen permukaan yang ditermukan pada virus hepatitis B), HIV (human immunodeficiency virus), dan protein urin melalui pengambilan atau tes darahnya saja. Tahap kedua adalah datang ke Dokter Umum, kemudian yang terakhir ke Poli Gigi dan Selanjutnya kembali ke KIA.

Setiap ibu hamil harus membuat JAMPERSAL (Jaminan Persalinan) dan wajib mempunyai buku KIA yang harus dibaca dan dimengerti, buku ini harus dibawa pada saat persalinan dan nifas atau setiap melakukan kunjungan pemeriksaan ke Rumah Sakit, Bidan ataupun Klinik Kesehatan lainnya. Buku ini jangan sampai rusak atau hilang, karena buku ini akan digunakan pada saat masuk sekolah.

Harapan P4K untuk mencegah kematian ibu hamil dan sedikit apapun bila ada darah yang keluar saat hamil itu merupakan tanda-tanda resiko yang harus diwaspadai.

Ada pula sertifikat imunisasi bagi balita yang sudah lengkap imunisasi booster MR (anak usia dibawah 24 bulan) dan pentabio booster (anak usia 18 bulan)dengan syarat membawa buku KIA dan bertemu dengan Bidan Sulistyowati pada hari Rabu atau Jumat di UPT Puskesmas Patuk II.

 

Dokumen Lampiran : EVALUASI PROGRAM PERENCANAAN PERSALINAN DAN PENCEGAHAN KOMPLIKASI BAGI IBU HAMIL


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT