KARANG TARUNA BOBUNG DAN KASIPEL PUTAT BANTU TANGANI BANJIR DI BUNDER

Lian 30 November 2017 05:21:42 WIB

Putat (SIDA) - Selasa, 28 November 2017 merupakan hari yang sangat memprihatinkan bagi warga di Gunungkidul yang hampir seluruh wilayahnya terjadi bencana banjir dan tanah longsor. Hal ini dikarenakan hujan yang terjadi secara terus-menerus selama kurang lebih satu minggu dengan puncak curah hujan sejak hari minggu hingga hari selasa yang berdampak bencana.

Salah datu dampak hujan lebat tersebut mengakibatkan debit air Sungai Oya meningkat. Aliran sungai yang melalui jembatan di perbatasan Kecamatan Patuk dan Kecamatan Playen pun tak mampu menampung sehingga air meluap di atas jembatan dan menggenangi pemukiman Warga di Padukuhan Bunder Desa Bunder khususnya di RT 013 yang ada di sekitar sungai tersebut. Tidak berhenti di situ, luapan air yang mencapai setinggi orang dewasa tersebut melumpuhkan akses Jalan Jogja-Wonosari karena tidak dapat dilintasi. Selain genangan air juga terjadi talud longsor yang cukup panjang dan memakan bahu jalan nasional tersebut sehingga akses jalan hanya berfungsi satu jalur. 

Kejadian tersebut menggerakkan hati beberapa Karang Taruna Padukuhan Bobung yang memang menjadi anggota TAGANA (Taruna Siaga Bencana) untuk ikut terjun ke area banjir, mereka dengan suka rela ikut bergabung di Posko Penanganan Dampak Banjir di Desa Bunder. Mereka membantu untuk evakuasi warga yang rumahnya terendam ke tempat yang lebih aman serta melakukan pendataan. Adapun para pemuda tersebut diantaranya Suradi yang merupakan Ketua Karang Taruna Desa Putat, M. Ali Syafrodin, Sutikno, Sairan, Eko Suryana dan masih banyak lagi.

Selain pemuda Desa Putat yang tergabung di TAGANA, Juni Putra Nugraha selaku Kasi Pelayanan Desa Putat pun turut bergabung. Juni yang juga anggota Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah DIY (TRC BPBD DIY) bergabung dengan TAGANA dan mendirikan Posko Penanganan Dampak Banjir di Masjid Baitul Iman Padukuhan Bunder. Posko tersebut dikoordinatori oleh Sutikno dan Juni sebagai wakilnya di bawah tanggung jawab Kepala Desa Bunder. Sedangan Eko, Suradi, Sairan, M. Ali Syafrodin bertugas di bidang pendataan, logistik serta penanganan di lapangan.

Hujan lebat bahkan tidak dapat menghalangi mereka untuk menolong sesama yang sedang dalam keadaan yang memprihatinkan tersebut. Niat baik mereka disambut baik oleh warga serta Pemerintah Desa Bunder dalam hal ini Sidik Hermawan selaku Pj. Kepala Desa Bunder yang setiap hari juga bergabung bersama-sama dengan relawan.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT