HARI KEDUA PELATIHAN MANAGEMENT ADMINISTRASI BUMDESA DI DESA SALAM

Tari 23 November 2017 23:32:08 WIB

Putat (SIDA)- Hari ini Kamis, 23 November 2017 adalah hari kedua Pelatihan Management Administrasi BUMDesa yang diselenggarakan oleh BKAD Kecamatan Patuk dari Anggaran Surplus Tahun 2016 UPK Kecamatan Patuk. Pelatihan hari kedua masih bertempat di Balai Desa Salam.

Pada pelatihan hari kedua ini materi yang disampaikan yaitu Sinergi BUMDesa dan Pariwisata yang disampaikan oleh  Ely Martono dari Bidang lndustri dan Kelembagaan Dinas Pariwisata Gunungkidul. Antara BUMDesa dengan Pariwisata itu merupakan suatu bagian yang saling bersinergi dan menguntungkan kedua belah pihak.

"Karena sekarang ini wisata di Gunungkidul sangat terkenal dan mendunia dengan keanekaragaman wisata yang disuguhkan dari pantainya yang bersih dan indah, kulinernya yang mempunyai khas tersendiri disetiap desa, wisata edukasi, air terjun, goa-goa yang unik, gunung-gunungnya yang menawan, embung dan lain-lainnya. Yang dulunya Gunungkidul terkenal dengan kegersangannya dan sulit air namun lain dulu lain sekarang, saat ini Gunungkidul terkenal dengan wisatanya yang luar biasa yang membuat orang tertarik ingin ke Gunungkidul. Jadi BUMDesa mempunyai peluang yang banyak dengan cara membuat usaha-usaha yang menunjang dengan kepariwisataan misal dengan menyediakan alat transportasi, membuat pusat oleh-oleh dan souvenir, pemandu wisata,dan sebagainya." Ungkap Ely.

Materi kedua adalah Aplikasi Management BUMDesa yang disampaikan oleh Rudy Suryanto yang merukan seorang Dosen di UMY. Rudy mengupas tentang cara pembukuan yang baik serta menjelaskan fungsi-fungsi struktur organisasi yang ada di BUMDesa.

"BUMDEsa yang sehat adalah BUMDesa yang untung, yang modalnya lebih besar daripada hutang, aset lancar lebih besar dari kewajiban lancar." Ungkapnya.

Materi terakhir berasal dari BULOG Divre Yogyakarta yang menjelaskan program outlet RPK (Rumah Pangan Kita). Outlet RPK yaitu jaringan yang ada di BULOG yang menangani pangan statistik atau pokok misalkan beras, gula, tepung terigu, minyak goreng, telur dan daging sapi. Dan BULOG akan bekerjasama dengan BUMDesa untuk menjadi distributor dengan mendaftarkan diri sebagai RPK. Harga bahan pokok yang ditawarkan sangat terjangkau bagi masyarakat dan lebih murah dengan yang ada di pasar namun kualitasnya sama baiknya karena bertujuan untuk menekan harga pasar.

Pelatihan diakhiri dengan membentuk Forum BUMDesa se Kecamatan Patuk dengan Ketua Mardiyono dari BUMDesa Nglegi, sebabagi Wakilnya Heru Subekti dari BUMDesa Patuk, Sekretaris Mugimin dari BUMDesa Putat dan Suharyanti dari BUMDesa Beji sedangkan Bendaharanya adalah Aning dari BUMDesa Salam dan Mugi dari BUMDesa Semoyo. Anggota dari forum tersebut merupakan Pengelola BUMDesa di Kecamatan Patuk. Diharapkan forum ini bisa sukses dan memajukan BUMDesa di setiap desa yang ada di Kecamatan Patuk.

Dokumen Lampiran : LANJUTAN PELATIHAN MANAGEMENT ADMINISTRASI BUMDES DI BALAI DESA SALAM


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT