PELATIHAN MANAGEMENT ADMINISTRASI BAGI PENGELOLA BUMDESA SE KECAMATAN PATUK

Tari 22 November 2017 22:23:30 WIB

Putat (SIDA)- Rabu, 22 November 2017 Pengelola BUMDesa SUKA MAKMUR SEJAHTERA mengikuti Pelatihan Management Administrasi di Balai Desa Salam yang diselenggarakan oleh Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Patuk Kabupaten Gunungkidul. Acara ini dihadiri oleh 11 Desa di Kecamatan Patuk yang setiap Desa diwakili oleh 3 orang Pengelola BUMDesa. Bagi desa yang belum mendirikan BUMDesa mewakilkan 3 orang calon pengelolanya.

Dari 11 desa di Kecamatan Patuk 9 diantaranya sudah mendirikan BUMDesa, hanya tinggal 2 desa saja yang belum mendirikan BUMDesa yaitu Desa Bunder dan Desa Pengkok. Dan BKAD Kecamatan Patuk menjadi satu-satunya BKAD yang melaksanakan pelatihan penguatan BUMDsa dari BKAD yang ada di Kabupaten Gunungkidul. Pelatihan tersebut merupakan kegiatan yang dibiayai dari Surplus Tahun 2016 yang dihasilkan oleh UPK Kecamatan Patuk.

"Dampak positif dari pendirian BUMDsa itu luar biasa yaitu memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mendirikan usaha, mengentaskan kemiskinan, mengurangi pengangguran, mensejahterakan masyarakat desa.  Gunungkidul merupakan pionernya BUMDesa se Indonesia. Semua desa itu mempunyai potensi masing-masing jadi kita harus pandai menggali dan mengembangkan serta memajukan potensi yang ada di setiap desa. Modalnya adalah sumber daya manusia yang cerdas maka akan mampu mengolah sumber daya alam dengan maksimal. Dan dana desa itu jangan disia-siakan tapi gunakan semaksimal mungkin untuk tujuan mensejahterakan masyarakat desa. Kita harus berani membuat ide-ide gila yang menjadi inovasi dan kreatifitas yang tinggi sehingga bisa berhasil dan sukses.” Kata Suharto.S.H. selaku Narasumber.

Sebagai Rencana Tindak Lanjut dari pelatihan tersebut, BKAD akan membentuk Forum BUMDesa se Kecamatan Patuk. Forum tersebut nantinya akan menjadi wadah bagi para Pengelola BUMDesa untuk saling bertukar pikiran dan bertukar pendapat sehingga nantinya BUMDesa bisa maju dan berkembang bersama.

Dokumen Lampiran : PELATIHAN MANAGEMENT ADMINISTRASI BAGI PENGELOLA BUMDES SE KECAMATAN PATUK


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT