PEMDES PUTAT, SMP 2 PATUK DAN POLSEK PATUK KONSOLIDASI CEGAH KENAKALAN REMAJA

22 November 2017 01:44:38 WIB

Putat (SIDA)- Pemerintah Desa Putat bersama SMP 2 Patuk dan Polsek Patuk mengadakan pertemuan terbatas sebagai langkah konsolidasi sebagai bentuk pencegahan terhadap kenakalan remaja. Pertemuan tersebut dilaksanakan pada hari Selasa, 21 November 2017 pukul 09.30 WIB bertempat di SMP 2 Patuk.

Hadir dalam pertemuan tersebut Endah Dwi Astuti, SIP. selaku Kasi Pemerintahan dan Juni Putra Nugraha selaku Kasi Pelayanan mewakili Pemerintah Desa Putat bersama Tri Handoko dkk. dari Polsek Patuk diterima langsung oleh Kepala Sekolah SMP 2 Patuk, Dalno Legowo.

Pertemuan tersebut merupakan tindak lanjut dari adanya informasi dari masyarakat yang melapor kepada Polsek Patuk bahwa akan terjadi perkelahian antara siswa kelas 8 dan siswa kelas 9 yang akan melibatkan dari sekolah lain yaitu SMP 3 Patuk. Informasi tersebut diterima pada hari Senin, 20 November pukul 12.00 WIB kemudian ditindaklanjuti oleh anggota Polsek Patuk dengan menginformasikan kepada Juni yang kemudian dilanjutkan kepada Endah selaku Kasi Pemerintahan yang membidangi kemananan dan ketertiban masyarakat. Endah kemudian bergabung bersama anggota Polsek Patuk untuk menyambagi lokasi yang diduga akan sebagai tempat berkumpul.

Sore itu pula rombongan Polsek Patuk dan Endah berhasil membubarkan siswa yang mulai berkumpul dan memastikan ke rumah siswa kelas 9 bahwa sudah kondusif.  Kemudian Polsek Patuk dan Endah sepakat untuk berkunjung ke SMP 2 Patuk guna melakukan konsolidasi dalam upaya pencegahan kenakalan remaja.

Dalam pertemuan tersebut Dalno mengungkapkan bahwa informasi tentang rencana perkelahian tersebut sudah diterimanya dan sudah memberikan informasi kepada guru yang lain untuk membantu dalam mengawasi siswanya. Dalno juga menggelar apel siswa dan guru pada Selasa pagi sebagai respon atas kejadian itu.

“Saya tadi pagi langsung apel bersama guru dan siswa. Saya tekankan untuk tidak berbuat yang melanggar aturan. Saya tidak segan-segan untuk menindak tegas bagi siswa yang melanggar aturan, bahkan tadi siswa yang bermasalah merengek untuk tidak memberitahukan peristiwa tersebut kepada orang tua mereka. Namun saya tegaskan bahwa siswa jangan mengatur sekolah, dan saya akan tetap mengundang orang tua mereka agar ada bimbingan lebih lanjut. Kami sangat butuh bantuan orang tua untuk membimbing dan membina siswa, kami juga butuh Pemerintah Desa dan Polsek untuk membantu menertibkan para siswa.” Ungkap Dalno.

Tir Handoko dari Polsek Patuk menyampaikan bahwa Polisi sebagai pengayom masyarakat setiap saat bersedia membantu demi terciptanya lingkungan yang kondusif bahkan siap untuk membantu memberikan materi pembinaan siswa di sekolah.

Endah dan Juni yang merupakan alumni dari SMP 2 Patuk juga menyampaikan kesediaannya apabila sekolah membutuhkan pembinaan dari Pemerintah Desa Putat melalui kegiatan yang ada seperti P-IKR dan pembinaan lainnya. Juni juga berharap pihak sekolah untuk menghimbau para siswa agar tidak sembarangan meninggalkan motor untuk mencegah tindakan kriminal.

“Saya berharap sekolah menghimbau siswa yang meninggalkan motornya di parkr Masjid Sulaiman untuk tidak memearkir kendaraan di sana. Terlebih mereka meninggalkan motor begitu saja tanpa diparkir dengan rapi sehingga sering mengganggu musafir yang akan beribadah karena parkiran penuh dengan kendaraan anak-anak.  Dan Mas Sofyan yang menunggu masjid harus repot menata motor demi memberikan ruang bagi musafir yang mampir. Itu kan fasilitas umu, jadi mohon kiranya siswa dihimbau untuk tidak parkir di sana.” Jelas Juni.

Pertemuan tersebut diakhiri dengan kesepakatan saling memberi informasi apabila ada laporan terkait dugaan kenakalan remaja serta pembinaan siswa melalui sarasehan ataupun pembinaan lainnya. Kemudian dilanjutkan dengan menyambangi seluruh kelas yang dipimpin oleh Kepala Sekolah dan diikuti oleh Endah dan rombongan dari Polsek Patuk.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT