LAYANAN ADUAN DINAS PU DIY BERFUNGSI EFEKTIF DAN RESPONSIF

18 November 2017 01:55:09 WIB

Putat (SIDA)- Layanan Aduan yang dimiliki Dinas Pekerjaan Umum DIY melalu media Whatsapp terbukti dapat berfungsi dengan efektif dan responsif.

Hal tersebut berdasar pada beberapa aduan yang disampaikan oleh Juni Putra Nugraha selaku Kasi Pelayanan Desa Putat melalui layanan aduan tersebut. Layanan aduan yang beroperasi pada jam dan hari kerja tersebut berfungsi dengan baik dimana setiap aduan mendapat respon yang baik oleh admin serta respon nyata di lapangan tentunya aduan terhadap sesuai kapasitas dari kewenangan Dinas PU DIY.

Beberapa contoh aduan yang telah disampaikan melalui media whatsapp adalah penyumbatan drainase di Jl. Wonosari Km. 23,7 di depan Kampus SMK Muhammadiyah 1 Patuk, talud longsor di Jl. Wonosari Km. 24 di utara Masjid Sulaiman serta yang terbaru adalah talud longsor di Jl. Wonosari Km. 24 tepatnya di sebelah timur Toko Ari.

Semua kejadian tersebut dilaporkan melalui media wahtsapp Layanan Aduan dari Dinas PU DIY namun untuk dua laporan yang dulu masih disertai surat resmi dari Pemerintah Desa Putat yaitu untuk sumbatan drainase serta talud di dekat Masjid Sulaiman. Sedangkan untuk talud longsor yang terbaru hanya melalui laporan whatsapp saja dan sudah mendapatkan respon dengan survei serta saat ini masih dalam pengerjaan perbaikan.

Talud longsor yang dilaporkan sudah bisa dikatakan 100% selesai karena seluruh bagian yang longsor sudah diperbaiki. Namun sepertinya tim survei dai Dinas Pu menemukan tanda kerusakan di sebelah talud yang longsor dan memberikan tanda untuk dibongkar.

Perbaikan yang saat ini masih dalam tahap pengerjaan untuk sisi barat talud yang longsor ditemui hal yang sedikit ganjil oleh Juni. Keganjilan itu berasal dari tulisan “BONGKAR’ serta garis yang dibuat oleh tim survei namun justru di atasnya sudah diperbaiki tanpa ada pembongkaran sesuai tanda oleh pihak pelaksana yang mungkin dikerjakan oleh rekanan. Namun hal tersebut juga sudah dilaporkan serta mendapat jawaban bahwa akan disampaikan kepada pihak Bina Marga selaku penaggungjawabnya.

“Kemarin saya bermaksud mengambil gambar untuk dilaporkan ke Dinas PU sebagai ucapan terima kasih atas respon yang baik dan cepat, namun saya mendapati hal yang ganjil menurut saya. Sisi barat talud yang longsor ada tanda bongkar serta garis yang mungkin dibuat oleh tim survei namun di atasnya sudah tahap perbaikan tanpa pembongkaran. Sekalian saja saya ambil gambar dan saya sampaikan pada Dinas PU melalui whatsapp dan sudah direspon. Admin Layanan Aduan menjawab bahwa laporan tersebut akan disampaikan pada pihak Bina Marga selaku penanggungjawabnya.” Jelas Juni.

Juni tidak bermaksud berburuk sangka pada rekanan yang melaksanakan perbaikan, namun Juni bermaksud untuk meminta penjelasan terkait pelaksanaan perbaikan yang dirasa tidak sesuai dengan tanda yang ada di dinding talud tersebut.

Secara pribadi memang masyarakat tidak dirugikan apabila ada pelaksanaan perbaikan yang tidak sesuai, namun diharapkan semua pihak dapat bekerja dengan baik sesuai dengan ketentuan. Di jaman modern serta teknologi canggih didukung media sosial yang sangat cepat jangan sampai ada hal-hal yang tidak berjalan dengan semestinya akan menjadi bumerang bagi diri sendiri.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT