RAKOR KASI PELAYANAN KECAMATAN PATUK

18 November 2017 01:25:07 WIB

Putat (SIDA)- Selasa, 14 November 2017 yang lalu Kasi Kessos Kecamatan Patuk mengundang seluruh Kasi Pelayanan di Kecamatan Patuk untuk mengadakan Rapat Koordinasi.

Pertemuan yang dimulai pada pukul 13.00 Wib tersebut dihadiri oleh A. Ruswanta, SH. selaku Kasi Kessos sekaligus memimpin jalnnya pertemuan dan stafnya, M. Ali Syafrodin, S.Sos. selaku TKSK Kecamatan Patuk serta 11 Kasi Pelayanan di Kecamatan Patuk.

Dalam rapat koordinasi tersebut dibahas beberapa kegiatan seperti pendistribusian RASTRA, Pengajian Dinas Instansi di wilayah Kecamatan Patuk, Jaminan Kesehatan serta pendirian RPK atau Rumah Pangan Kita yang sempat disosialisasikan oleh Biro Kesra Kabupaten Gunungkidul beberapa waktu yang lalu.

Secara umum pendistribusian RASTA berjalan dengan lancar serta memiliki kualitas beras yang sudah layak konsumsi. Hal tersebut didapat dari laporan dari seluruh Kasi Pelayanan secara langsung saat dikunjungi TKSK maupun Kasi Kessos yang aktif memantau ke lapangan saat pendistribusian beras maupun melalui media Grup Whatsapp yang disertai dengan bukti foto.

Ali Syafrodin selaku TKSK menyampaikan perkembangan pengajuan peserta KIS dari APBD Gunungkidul yang cukup meningkat drastis setelah ada pembatasan tanggal usulan. Meskipun demikian Kecamatan Patuk berada di urutan kedua dari bawah atau urutan ke 17 dalam mengajukan permohonan. Jumlah pengajuan tersebut disinyalir tingkat pemahaman dari masyarakat di Kecamatan Patuk serta sosialisasi yang cukup dari Kasi Pelayanan di setiap Desa. Masyarakat bisa menyadari bahwa KIS dari APBD merupakan hak bagi warga miskin sehingga tidak serta merta masyarakat mendaftarkan diri sebagai peserta.

Ruswanta juga meminta evaluasi dan usulan dari Kasi Pelanayan terhadap kegiatan rutin Pengajian Dinas Instansi yang hampir memasuki putaran terakhir pada Desember mendatang sekaligus genap berjalan selama satu tahun. Evaluasi tersebut nantinya akan disampaikan kepada Camat Patuk selaku penggagas kegiatan untuk dimusyawarahkan dengan Muspika dan Dinas Instansi.

“Fakta di lapangan, Koordinator penyelanggara pengajian yang berasal dari Instansi di luar Pemerintah Desa cukup menjadi kendala. Mereka tidak terbiasa mengelola kegiatan seperti ini apalagi penyelenggaraan dibagi berdasarkan jumlah desa ditambah satu di kecamatan. Selain itu pembagian anggota dalam satu kelompok penyelenggara yang memiliki jarak cukup jauh bahkan di luar desa itu cukup menghambat koordinasi. Semisal Desa Putat digabung dengan BANK BRI di Patuk, SMA 1 Patuk dengan Desa Beji, atau SD Bunder II dengan Desa Bunder padahal letaknya tidak salam satu wilayah. Untuk itu ke depan mohon untuk Koordinator bisa dialihkan ke Pemerintah Desa dan pembagian anggota kelompok disesuaikan dengan kewilayahan.” Usul Juni Putra Nugraha selaku Kasi Pelayanan Desa Putat.

Suroyo, S.Pdi. selaku Kasi Pelayanan Desa Nglegi juga menanyakan terkait alokasi infaq yang setiap bulan dikumpulkan, apakah untuk kegiatan sosial ataukah untuk kegiatan yang lain. Karena selama pengajian yang bisa dihadiri petugas hanya membacakan jumlah infaq yang terkumpul tanpa menyampaikan pengalokasiannya.

Bahasan yang cukup menarik justru berada di akhir rapat dimana Suroyo menanyakan pembuatan RPK (Rumah Pangan Kita) yang pada saat acara sosialisasi tersebut dari Desa Nglegi tidak bisa mengirimkan peserta rapat karena bersamaan dengan agenda desa yang tidak bisa ditinggalkan.

Berawal dari pertanyaan tersebut diketahui bahwa pembuatan RPK masih menjadi sebuah tanda tanya karena belum adanya kepastian terkait RPK yang akan berfungsi sebagai E-Warung yang akan digunakan untuk mendistrbusikan program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dari Pemerintah Pusat pada tahun 2018 mendatang.

Sebagai bentuk tindak lanjut dari bahasan RPK tersebut, Kasi Pelayanan, Kasi Kessos dan TKSK bersepakat untuk mengundang narasumber dari Biro Kesra Kabupten Gunungkidul serta Bulog Divre Yogyakarta untuk menjelaskan tentang RPK dan E-Warung.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT