PERAJIN TOPENG BATUR IKUTI PELATIHAN PEMASARAN ONLINE
Tari 15 November 2017 20:56:45 WIB
Putat (SIDA)- Rabu, 15 November 2017 Perajin Topeng di Batur mengikuti pelatihan cara pemasaran secara online di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gunungkidul. Selain perajin dari Batur pelatihan tersebut diikuti oleh 30 peserta dari UKM yang ada di Gunungkidul, diantaranya perajin topeng, perajin perak, perajin kulit, kaos, dan makanan olahan.
Berdasar pada perkembangan teknologi yang semakin canggih maka Disperindag Kabupaten Gunungkidul berupaya membantu UKM yang ada di Gunungkidul untuk mengenalkan produk UKM berbasis teknologi atau secara online supaya tidak ketinggalan jaman. Karena sekarang ini hampir semua bisnis menggunakan sarana online mulai dari toko online, ojek online, travel dan hotel online.
"Dari Balai Pelayanan Bisnis dan Pengelolaan Kekayaan Intelektual Dinas Perindustrian dan Perdagangan D.I.Y. menerangkan bahwa yang dulu pemasaran dengan sistem offline sekarang berubah menjadi sistem online. Mengapa online karena hari ini suka atau tidak suka, faktanya sudah terjadi. Kita mau kembali ke jaman itu atau mau menyesuaikan diri dengan kecanggihan teknologi." Jelas Asep Subagyo S.Kom.M.Eng. selaku Narasumber dari Disperindag Gunungkidul.
Langkah awal untuk pemasaran secara online yaitu dengan melegalformalkan usaha dengan memenuhi ketentuan seperti IUMK, SIUP, TDP, TDI, IUI dan lainnya sesuai kebutuhan. Sedangkan untuk makanan olahan harus punya ijin edar P-IRT atau MD, Sertifikat HALAL dari MUI, SNI, dan lainnya.
Kemasan yang baik (melindungi produk) dan menarik juga sangat berpengaruh dalam pemasaran. Selain itu kita harus membuat media online sendiri atau bergabung dengan media jual beli online yang mampu dioperasikan dan mudah dalam melakukan update konten seperti OLX, Lazada, Tokopedia dan lainnya.
Pemasaran online merupakan kegiatan yang memanfaatkan media internet, kegiatannya berupa publikasi, promosi, transaksi, pembayaran dan pengiriman. Medianya dengan media sosial, marketplace dan website. Targetnya keterkenalan produk, kesadaran merk dan omzet.
Yang semuanya itu intinya bahwa pemasaran secara online itu menggunakan internet dan media sosial seperti facebook, instagram, twitter, dll.
Dokumen Lampiran : PERAJIN TOPENG BATUR IKUTI DIKLAT PEMASARAN ONLINE DI DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN KABUPATEN GUNUNGKIDUL
Formulir Penulisan Komentar
Pencarian
Komentar Terkini
Statistik Kunjungan
Hari ini | |
Kemarin | |
Pengunjung |
- HARI TERAKHIR PELATIHAN BAHASA JEPANG GRATIS DI KALURAHAN PUTAT
- KOORDINASI BPN TERKAIT PTSL KALURAHAN PUTAT
- BANK SAMPAH PADUKUHAN BATUR
- BIMTEK KPPS KALURAHAN PUTAT
- PANENAN PERDANA LAHAN KETAHANAN PANGAN
- KAPANEWON PATUK LAKSANAN MONEV REALISASI KERJA PROGRAM KEGIATAN PEMERINTAH KALURAHAN PUTAT
- POSYANDU REMAJA PADUKUHAN BATUR