PERAJIN TOPENG BATUR IKUTI PELATIHAN PEMASARAN ONLINE

Tari 15 November 2017 20:56:45 WIB

Putat (SIDA)- Rabu, 15 November 2017 Perajin Topeng di Batur mengikuti pelatihan cara pemasaran secara online di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gunungkidul. Selain perajin dari Batur pelatihan tersebut diikuti oleh 30 peserta dari UKM yang ada di Gunungkidul, diantaranya perajin topeng, perajin perak, perajin kulit, kaos, dan makanan olahan.

Berdasar pada perkembangan teknologi yang semakin canggih maka Disperindag Kabupaten Gunungkidul berupaya membantu UKM yang ada di Gunungkidul untuk mengenalkan produk UKM berbasis teknologi atau secara online supaya tidak ketinggalan jaman. Karena sekarang ini hampir semua bisnis menggunakan sarana online mulai dari toko online, ojek online, travel dan hotel online.

"Dari Balai Pelayanan Bisnis dan Pengelolaan Kekayaan Intelektual Dinas Perindustrian dan Perdagangan D.I.Y. menerangkan bahwa yang dulu pemasaran dengan sistem offline sekarang berubah menjadi sistem online. Mengapa online karena hari ini suka atau tidak suka, faktanya sudah terjadi. Kita mau kembali ke jaman itu atau mau menyesuaikan diri dengan kecanggihan teknologi." Jelas Asep Subagyo S.Kom.M.Eng. selaku Narasumber dari Disperindag Gunungkidul.

Langkah awal untuk pemasaran secara online yaitu dengan melegalformalkan usaha dengan memenuhi ketentuan seperti  IUMK, SIUP, TDP, TDI, IUI dan lainnya sesuai kebutuhan. Sedangkan untuk makanan olahan harus punya ijin edar P-IRT atau MD, Sertifikat HALAL dari MUI, SNI, dan lainnya.

Kemasan yang baik (melindungi produk) dan menarik juga sangat berpengaruh dalam pemasaran. Selain itu kita harus membuat media online sendiri atau bergabung dengan media jual beli online yang mampu dioperasikan dan mudah dalam melakukan update konten seperti OLX, Lazada, Tokopedia dan lainnya.

Pemasaran online merupakan kegiatan yang memanfaatkan media internet, kegiatannya berupa publikasi, promosi, transaksi, pembayaran dan pengiriman. Medianya dengan media sosial, marketplace dan website. Targetnya keterkenalan produk, kesadaran merk dan omzet.

Yang semuanya itu intinya bahwa pemasaran secara online itu menggunakan internet dan media sosial seperti facebook, instagram, twitter, dll.

Dokumen Lampiran : PERAJIN TOPENG BATUR IKUTI DIKLAT PEMASARAN ONLINE DI DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN KABUPATEN GUNUNGKIDUL


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT