GUNAWAN SAMPAIKAN HASIL JUMANTIK PADA PERTEMUAN KADER DESA PUTAT

14 November 2017 12:33:31 WIB

Putat (SIDA)- Selasa, 14 November 2017 Kader Desa Putat mengadakan pertemuan rutin bulanan di Balai Desa Putat. Acara yang dimulai pada pukul 09.00 WIB tersebut sekaligus dimanfaatkan untuk penyampaian hasil analisa data Jumantik oleh Gunawan dari UPT Puskesmas Patuk II.

Pada kesempatan tersebut Gunawan menjelaskan hasil analisa data yang disampaikan oleh Kader Jumantik pada bulan lalu. Dari data tersebut diketahui bahwa 8 Padukuhan di Desa Putat masuk Kategori Aman dan 1 Padukuhan masuk dalam Kategori Rawan.

Dari hasil tersebut Juni Putra Nugraha selaku Kasi Pelayanan Desa Putat merasa ragu dengan hasil pengamatan di padukuhan yang masuk kategori rawan tersebut. Keraguan Juni berdasar pada hasil data yang menunjukkan data mutlak positif memiliki jentik nyamuk. Juni kemudian berkoordinasi dengan Gunawan untuk menanyakan langsung kepada Kader Jumantik dari Padukuhan Putat II yang memiliki data tersebut.

Setelah Gunawan selesai menyampaikan hasil analisa data Jumantik kemudian Gunawan bertanya kepada Kader Jumantik Padukuhan Putat II secara langsung. Dari jawaban Supriyati selaku salah satu Kader Jumantik di Padukuhan Putat II membuktikan kebenaran atas keraguan yang disampaikan oleh Juni.

Dalam jawabannya Supriyati mengakui kurang memahami form data yang diberikan karena pada saat pertemuan 2 bulan yang lalu Supriyati berhalangan hadir. Data yang seharusnya berada di kolom negatif diisikan pada kolom positif sehingga sangat mempengaruhi hasil analisa.

Selain Gunawan, Sri Wahyuningsih selaku PLKB dari Kecamatan Patuk juga hadir dalam pertemuan tersebut. Dalam pertemuan tersebut, wanita yang biasa dipanggil Bu Ning ini  melakukan pengecakan data WUS dan PUS yang pada bulan lalu telah disampaikan. Hasil pengecekan masih ada pengisian beberapa data yang belum benar sehingga Kader Desa harus memperbaikinya. Selain itu Ningi juga menyampaikan tentang catatan kegiatan Kelompok UPPKS, Sistem Informasi Kependudukan dan Keluarga, Register Pembinaan PUS dan Peserta KB.

Di akhir materi, Juni menyampaikan perihal usulan jaminan kesehatan. Kader diminta untuk lebih jelas memberikan informasi kepada masyarakat agar tidak terjadi kesalahpahaman yang akan berdampak pada proses usulannya.

“Saya mohon kepada Ibu-ibu Kader semua, apabila ada yang kurang jelas langsung ditanyakan njih (ya-Jawa), jangan sampai njenengan (anda-Jawa) belum jelas tapi sudah bersosialisasi kepada masyarakat, ketika masyarakat bingung dan bertanya maka njenengan juga akan semakin bingung dan informasinya akan terputus.” Ungkap Juni selaku Kasi Pelayanan Desa Putat.

Juni juga menyampaikan Honor Kader Desa untuk alokasi bulan November serta bantuan konsumsi untuk alokasi pertemuan bulan Juni sampai dengan November sebesar satu juta dua ratus ribu dipotong pajak. Diharapkan sedikit bantuan tersebut bisa membantu pengadaan konsumsi kader yang biasanya disediakan oleh setiap padukuhan secara bergiliran.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT