KARANG TARUNA PERDACITA BATUR BUDIDAYA PEPAYA CALIFORNIA

Tari 08 November 2017 10:41:26 WIB

Putat (SIDA)- Sub Unit Karang Taruna harus mempunyai kreativitas untuk memajukan padukuhannya. Salah satunya Sub Unit Karang Taruna Perdacita di Padukuhan Batur yang sejak satu tahun lalu mempunyai progam budidaya pepaya California dan melakukan pembibitan sendiri.

Mereka membeli bibit pepaya di toko pertanian kemudian menyemainya dan menanam bibit hingga sampai proses pembibitan selesai dilakukan secara bergiliran oleh anggota karang taruna. Mereka mempunyai semangat yang tinggi untuk memajukan kampung halamannya.

Setelah bibit berusia sekitar satu bulan kemudian dibagikan keseluruh warga masyarakat. Setiap rumah mendapatkan 2 bibit dan harus ditanam di kebun masing-masing. Namun dari sekian tanaman pepaya itu ada yang hidup namun ada juga yang mati. Tapi sebagian besar hidup dan bisa berbuah sampai sekarang. Masyarakat pun sangat antusias dan bangga karena ternyata pepaya itu bermanfaat untuk masyarakat. Selain buahnya yang besar-besar dan manis rasanya, ternyata pepaya ini juga mempunyai nilai ekonomis yang tinggi dengan harga perkilonya mencapai Rp 5.000,- . 

Pepaya California ini kalau sudah berbuah maka akan berbuah terus sepanjang tahun dan tak pernah berhenti dengan catatan dirawat dengan baik. Sehingga masyarakat juga terbantu ekonominya dengan menanam buah pepaya ini. Masyarakat sangat bangga karena karang taruna padukuhan mempunyai kegiatan yang positif dan bermanfaat. 

Dokumen Lampiran : KARANG TARUNA PERDACITA BATUR BUDIDAYA PEPAYA CALIFORNIA


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT