POKDARWIS DAN KARANG TARUNA KEPIL BEKERJASAMA REHABILITASI JAMBU KRISTAL

Jk.Bl4ncir 06 November 2017 00:28:48 WIB

Putat (SIDA)- Dilatarbelakangi permintaan pasar dan pesanan yang tinggi serta datangnya musim penghujan tahun ini Pokdarwis Kebun Buah Watujoglo bekerjasama dengan Sub Unit Karang Taruna Bhineka Padukuhan Kepil merehabilitasi Jambu Kristal yang ada di kebun Watujoglo.

Jambu Kristal yang merupakan ikon dan produk Agrowisata andalan yang ada di Padukuhan Kepil Desa Putat sekarang ini banyak diminati terbukti dengan banyaknya pembeli dan pesanan baik itu perorangan maupun lewat Destinasi Wisata yang ada disekitarnya.

Selama ini produk Jambu Kristal banyak disupport oleh warga masyarakat Padukuhan Kepil yang sebagian besar membudidayakan buah Jambu Kristal ini di kebun masing-masing. Lokasi kebun buah yang berada di Watujoglo kurang memberikan hasil maksimal karena beberapa faktor seperti pada saat musim kemarau sangat kesulitan air dan harus menaikkan air dari sungai di bawahnya menggunakan pompa air guna penyiraman  tanaman. Sumber daya manusia di dalam Pokdarwis yang terbatas untuk mengelolanya dikarenakan kebanyakan anggotanya telah bekerja keluar daerah serta lokasi kebun jauh dari pemukiman akan berbeda pengelolaannya dengan kebun warga yang berdekatan dengan rumah masing-masing sehingga mempermudah untuk perawatan.

Untuk itu pada Hari Minggu pagi, 5 November 2017 Pokdarwis bekerjasama dengan Karang Taruna di Padukuhan Kepil melaksanakan kerja bakti merehabilitasi tanaman buah Jambu Kristal yang berada di kawasan Watujoglo. Mereka mengawali kegiatan dengan membersihkan tanaman liar dan semak belukar di sekitar tanaman Jambu Kristal, memotong dahan tanaman yang kering, membuat tanggul kecil mengitari tanaman sehingga kalau hujan tidak terjadi abrasi serta melakukan pemupukan. Kegiatan ini akan dilaksanakan setiap 2 minggu sekali dengan harapan tanaman buah Jambu Kristal akan kembali berbuah dengan baik dan dalam jumlah yang banyak sehingga dapat menyupport banyaknya permintaan akan buah Jambu Kristal ini.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT