BATUR DAN BOBUNG GAGAL PANEN DURIAN

Lian 31 Oktober 2017 17:57:12 WIB

Putat (SIDA) – Tahun 2017 ini sepertinya bukan tahun yang menggembirakan bagi warga Batur dan Bobung yang menantikan buah durian. Di tahun–tahun sebelumnya, buah yang satu ini menjadi primadona yang digemari banyak orang, namun tahun ini banyak yang kecewa karenanya. Pada tahun ini Padukuhan Batur dan Bobung mengalami gagal panen durian. Hal tersebut berawal dari pohon durian mulai berbunga dan menunjukan tanda-tanda yang diyakini mengakibatkan gagal panen.

Keyakinan tersebut berdasarkan pengalaman warga yang telah memelihara tanaman durian bertahun-tahun. Dengan ilmu titen mereka mengamati perkembangan tanaman durian. Adapun tanda-tanda yang dimaksud antara lain daun pohon durian yang mulai berbunga mengalami kerontokan, terjadinya abortus (bunga atau buah rontok sebelum waktunya) karena kekurangan nutrisi yang seharusnya dihasilkan dari fotosintesis pada daun. Dari tanda-tanda tersebut biasanya akan berlanjut ke tanda berikutnya, dimana buah yang kekurangan nutrisi mengakibatkan buah yang dihasilkan memiliki rasa yang hambar atau daging buahnya keras.

"Di Batur saat ini hanya ada satu pohon saja yang buahnya enak dimakan, sedangkan yang lain rasanya hambar." Ungkap Sukadi salah satu warga Batur.

Karena hal tersebut warga Batur dan Bobung tidak dapat menikmati hasil penjualan maupun mengkonsumsinya sendiri. Memang sangat disayangkan, namun sampai sekarang belum masyarakat belum menemukan penyebabnya secara ilmiah sehingga belum bisa untuk mengantisipasinya.

"Padahal beberapa tahun terakhir ini sudah saya tambah pupuk dan air untuk menambah asupan nutrisinya, tapi tahun ini malah jadi tahun terparah. Bahkan ada yang hanya berbunga saja namun tidak sempat berbuah karena rontok semua." Jelas Sagiman.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT