Pilkades Serentak Segera Digelar di 30 Desa di Gunungkidul

Jk.Bl4ncir 29 Oktober 2017 20:13:45 WIB

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Sebanyak 30 desa yang ada di Gunungkidul dipersiapkan untuk menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades).

Pemilihan kepala desa ini akan dilakukan secara serentak pada tahun 2018 mendatang.

 

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan KB, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3AKB-PMD) Gunungkidul, Sudjoko mengatakan, pihaknya telah menyiapkan anggaran sekitar Rp 2 miliar untuk pelaksanaan Pilkades ini.

Rencananya, Pilkades periode kedua ini akan diikuti oleh sebanyak 30 desa setelah sebelumnya di periode pertama pada 2015 lalu telah diselengarakan pilkades serentak di sekitar 58 desa.

"Terdapat sekitar 30 desa yang akan mengikuti pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada 2018. Anggarannya sudah kami siapkan," ujar Sudjoko pada Tribunjogja.com, Minggu (29/10/2017).

Sudjoko mengatakan, Pilkades ini diselenggarakan untuk memilih kepala desa yang baru untuk mengisi pemerintahan desa dikarenakan masa jabatan kades sebelumnya telah habis.

"Selain itu juga terdapat beberapa penyebab yakni akibat kekosongan jabatan kades, karena meninggal dunia, atau tersangkut masalah hukum," ujarnya.

Lanjutnya, untuk mengisi kekosongan jabatan Kades dijabat oleh pejabat sementara (Pj) atau pelaksana tugas (Plt).

Terdapat tujuh desa yang saat ini masih diisi oleh Pj atau Plt.

Ketujuh desa tersebut adalah Desa Baleharjo, Kecamatan Wonosari; Desa Dadapayu, Kecamatan Semanu; Desa Ngawu, Kecamatan Playen; Desa Ngunut, Kecamatan Playen; DesaBunder, Kecamatan Patuk, Desa Hargosari, Kecamatan Tanjungsari; dan Desa Sidorejo, Kecamatan Ponjong.(*)

sumber berita:http://jogja.tribunnews.com/2017/10/29/pilkades-serentak-segera-digelar-di-30-desa-di-gunungkidul

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT

SURVEY KEPUASAN PENGUNJUNG