DISTRIBUSI RASTRA LANCAR, KUALITAS BERAS LAYAK KONSUMSI

27 Oktober 2017 18:07:11 WIB

Putat (SIDA)- Beras Rakyat (RASTRA) alokasi Bulan Oktober di Desa Putat didistribusikan hari ini, Jumat 27 Oktober 2017. Beras yang dikirim dari Gudang Bulog Divre Yogyakarta tersebut tiba di Balai Desa Putat sekitar pukul 05.30 WIB dan diterima oleh Tugiyanto selaku Staf Perangkat Desa.

Menurut Tugiyanto beberapa bulan terakhir kualitas beras dari Bulog sudah bagus dan layak konsumsi. Berbeda jauh dengan kualitas beras yang sering didistribusikan. Kualitas beras yang dulu sering berbau apek, berwarna kekuningan serta bercampur kutu. Seiring dengan hal tersebut pihak desa sering mengajukan protes dan laporan mengenai kualitas beras saat petugas dari Bulog melakukan kunjungan. Bahkan beberapa bulan yang lalu ada salah satu desa yang secara resmi menolak dan mengembalikan beras pada Bulog untuk diganti.

Secara terpisah, Juni selaku Kasi Pelayanan Desa Putat mengiyakan pernyataan Tugiyanto tersebut. Kualitas beras Rastra memang pernah sangat buruk dan tidak layak konsumsi. Beras banyak kutu dan berwarna kekuningan.

“Dulu sering saya secara saat Rakor Rastra di Kecamatan terkait kualitas beras. Saya juga tidak sepenuhnya setuju apabila masyarakat disalahkan ketika menjual beras rastra untuk ditukarkan dengan beras yang berkualitas lebih baik dan layak konsumsi.” Jelas Juni.

Juni juga menyampaikan bahwa Program Rastra seharusnya ada evaluasi dari pemerintah, apakah program tersebut masih relevan dengan kondisi masyarakat saat ini apabila dengan kualitas yang buruk. Selain itu pemerintah dinilai tidak ada target dalam pengentasan kemiskinan.

“Alhamdulillah kulaitas beras sudah bagus dan layak konsumsi. Tapi saya berharap ada evaluasi dan target dari pemerintah setiap membuat program bantuan pengentasan kemiskinan. Kalau sampai pada batas tertentu sama sekali tidak ada perubahan bagi rumah tangga yang dibantu harusnya ada evaluasi. Kalau saya lebih sepakat dialihkan untuk pendidikan dan kesehatan bagi seluruh masyarakat agar permasalahan di masyarakat juga berkurang.” Imbuh Juni.

Beras Rastra di Desa Putat selesai didistribusikan pada pukul 10.00 WIB dan berjalan dengan lancar. Meskipun datang sebelum jam kerja, Tugiyanto selaku Staf Desa Putat selalu siap untuk memeriksa jumlah dan kualitas beras yang dikirim. Hal itu sebagai antisipasi pemeriksaan terhadap kualitas beras sebelum diditribusikan kepada masyarakat.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT