POKDARWIS DI PUTAT IKUTI FORKOM GEOSITE

Jk.Bl4ncir 27 Oktober 2017 16:32:04 WIB

Putat (SIDA)- Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul pada hari Kamis, 26 Oktober 2017 mengadakan pertemuan Forum Komunikasi Geosite untuk kesekian kalinya. Acara kali ini bertempat di Pendopo Beton Desa Umbulharjo Kecamatan Ponjong dan dihadiri oleh Kepala Bidang Industri dan Kelembagaan Dinas Pariwisata Gunungkidul, Seksi Kelembagaan Dispar Gunungkidul serta sekitar 20 Pokdarwis yang ada di Kabupaten Gunungkidul.

Dalam pertemuan ini selain pokdarwis yang sudah maju pesat seperti Goa Pindul, GAP Nglanggeran, Bleberan dan Baron juga hadir Pokdarwis baru atau lama tetapi matisuri. Untuk Desa Putat sendiri ada 4 Pokdarwis yang antara lain Pokdarwis Banyunibo batur,Pokdarwis Bobung, Pokdarwis Kebun Buah Watujoglo Kepil dan Pokdarwis Kampung Emas Plumbungan namun yang bisa hadir hanya 2 pokdarwis yaitu pokdarwis kampungemas dan pokdarwis kepil,mungkin karena ada kepentingan yang lain ataupun undangan yang tak sampai dikarenakan sebagian undangan hanya lewat Whatsapp.Dari ke empat pokdarwis tersebut baru Pokdarwis Bobung yang sudah dikategorikan berkembang, sedang ketiga lainya baru mulai berkembang bahkan ada yang matisuri dan baru berkeinginan memulai kembali semisal Kampumg Emas yang sudah mulai kelihatan perkembangannya.

Para Pokdarwis baik lama maupun baru dalam Forkom ini diberikan kesempatan satu persatu untuk menyampaikan potensi serta kendala yang dihadapi dalam pengelolaannya.

”Nanti secara berurutan saya mohon teman-teman Pokdarwis yang hadir ini untuk menyampaikan secara singkat potensi yang ada di wilayahnya serta kendala yang dihadapi, khusus untuk Nglanggeran, Bleberan, Baron dan Goa Pindul nanti tidak usah menyampaikan, tetapi menambahkan saja serta membagi pengalaman kepada teman pokdarwis yang lain.” ungkap Eli Martono,SIP,MPP,MEng. selaku Kabid Industri dan Kelembagaan Dinas Priwisata Gunungkidul.

”Supaya nantinya potensi yang ada di pokdarwis yang satu dan yang lainnya bisa saling mengetahui serta bisa bersinergi dan berbagi informasi.” Tambahnya.

Dalam kesempatan ini pula Yunus Hanafi,BSc selaku Seksi Kelembagaan menyampaikan bahwa dirinya dititipi pesan oleh Bagian Pemasaran Dinas Pariwisata Gunungkidul tentang lomba mengilah ikan laut di Pantai Sundak, Gunungkidul.

”Saya sampaikan bahwa Bagian Pemasaran pada tanggal 11 November 2017 akan menyelenggarakan lomba masak ikan laut di Pantai Sundak dengan kuota peserta sebanyak 35 Pokdarwis di Gunungkidul yang terdiri dari 22 Pokdarwis di pesisir pantai yang sudah dipastikan ikut dan sisanya diambil dari Pokdarwis wilayah utara. Untuk lebih jelasnya bisa hubungi bagian pemasaran.” Ungkapnya.

Diharapkan dengan acara seperti ini wawasan para pelaku wisata khusunya Pokdarwis bisa lebih maju dan berkembang. Setelah acara diskusi selesai dilanjutkan dengan melihat perkembangan wisata yang ada di Ponjong salah satunya yaitu Bukit Mardedo Melikan atau lebih sering disebut BMM.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT