FORUM GROUP DISCUSION BAHAS PERMASALAHAN TUKAR TANAH DAN PERUBAHAN IZIN PENGGUNAAN TANAH DESA

Tari 26 Oktober 2017 13:22:52 WIB

Putat (SIDA), Hari ini  Kamis 26 Oktober 2017 di Balai Desa Putat diadakan Forum Group Discusion mengenai penanganan permasalahan tukar tanah dan perubahan izin  penggunaan tanah desa. Dalam pertemuan tersebut dihadiri oleh Camat Patuk, Camat Playen dan Camat Ngawen serta Kepala Desa beserta Lembaga Desa dari Desa Putat Patuk, Desa Banaran Playen dan Desa Beji Ngawen serta warga masyarakat Ahli waris atau para pihak yang terkait. Winarya, SH. M.Si. dan  Farhan hadir sebagai narasumber dari Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kabupaten Gunungkidul.

"Tanah desa memang memiliki permasalahan yang sangat komplek dan belum ada kejelasan legalitas penggunaaannya. Baik tanah yang digunakan untuk sekolah, puskesmas atau fasilitas umum lainnya. Namun tidak perlu khawatir karena setiap masalah pasti ada solusinya." Jelas Winarya.

Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kabupaten Gunungkidul siap membantu menangi masalah tersebut. Pendampingan penanganan permasalahan itu sudah berjalan di 3 desa yaitu Desa Putat, Desa Banaran dan Desa Beji yang sekaligus sebagai Desa Percontohan. Ketiga desa tersebut memiliki tertib administrasi pemerintahan yang baik namun memiliki beberapa permasalahan diantaranya tentang terjadinya penjualan tanah kas desa, tukar alih fungsi tanah, sewa tanah desa, tukar guling tanah yang belum selesai dan lain-lain.

Dengan Forum Group Discusion ini diharapkan adanya komunikasi dan koordinasi dalam penyelesaian masalah pertanahan. Baik itu berbagi informasi antar desa ataupun komunikasi dan koordinasi dengan pemerintah khususnya Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kabupaten Gunungkidul sehingga permasalahan pertanahan dapat diselesaikan dengan baik dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

Dokumen Lampiran : FORUM GROUP DISCUSION PENANGANAN PERMASALAHSN TUKAR TANAH dan PERUBAHAN IZIN PENGGUNAAN TANAH DESA


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT