PELAKU WISATA DI DESA PUTAT IKUTI PERSIAPAN PEMBINAAN USAHA JASA PARIWISATA

Jk.Bl4ncir 25 Oktober 2017 22:00:08 WIB

Putat (SIDA)- Semakin berkembangnya sektor pariwisata di Gunungkidul membuat Dinas Pariwisata Gunungkidul banyak mengadakan kegiatan yang berkaitan dengan para pelaku usaha wisata di Gunungkidul. Salah satu kegiatan tersebut adalah pembinaan dan pelatihan dalam aspek kelembagaan, pemandu wisata, pelatihan pengembangan obyek wisata dan lain-lain kepada para pelaku wisata yang menjadi penunjang keberlangsungan dan perkembangan industri pariwisata di Gunungkidul.

Pada hari Jumat, 20 Oktober 2017 bertempat di Ruang Rapat Geopark Gunungsewu Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Dinas Pariwisata mengadakan Rapat Persiapan Pembinaan Jasa Usaha Pariwisata. Kegiatan tersebut dihadiri oleh para pelaku usaha pariwisata yang ada di Gunungkidul antara lain pelaku usaha Restoran, Biro Perjalanan, Usaha SPA, Usaha Toko Oleh-oleh dan Souvenir, Penyedia Jasa Wisata serta Pokdarwis selaku pengelola obyek wisata.

”Dikarenakan melihat perkembangan pariwisata  yang maju pesat ini kami dari Dinas Pariwisata ingin mengoptimalkan para pelaku usaha dengan berbagai pembinaan yang akan kami laksanakan. Selain itu dengan berkumpulnya para usaha pariwisata ini agar bisa bersinergi satu dengan yang lain, karena dengan saling mengenal satu sama lain diharapkan akan mempermudah kinerja para pelaku usaha wisata itu sendiri dalam berbagai aspek.” Ungkap Eli Martono selaku Kepala Bidang Industri dan Kelembagaan Dinas Priwisata Gunungkidul.

Dalam rapat persiapan pembinaan kali ini, selain membahas perihal jasa usaha wisata juga akan membahas perijinan  dan TDUP atau Tanda Daftar Usaha Pariwisata yang harus dimiliki oleh para pelaku usaha wisata. Uuntuk itu mereka akan diajak untuk melakukan Studi Banding ke Kabupaten Karanganyar untuk memperdalam pengehtahuan dalam hal pengelolaan wisata dan perijinan serta dapat mempromosikan pariwisata yang ada di Gunungkidul. Selain itu peserta dapat melihat kelebihan dan kekurangan industri pariwisata di luar Gunungkidul untuk dijadikan referensi dalam pengelolaan wisata di wilayah masing-masing.

Dalam acara tersebut Desa Putat ada 3 Pokdarwis meliputi Pokdarwis Batur, Pokdarwis Kepil dan Pokdarwis Kampung Emas Plumbungan serta satu usaha SPA Kemuning yang mendapatkan undangan dari Dinas Pariwisata. Semoga dengan berbagai pelatihan dan pembinaan yang diikuti tersebut sektor usaha pariwisata di Desa Putat dapat dikelola dengan baik demi kesejahteraan masyarakat dan akan lebih maju.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT