FPRB DESA PUTAT IKUTI PRAKTEK WATER RESCUE DAN PENDIRIAN TENDA

25 Oktober 2017 14:59:58 WIB

Putat (SIDA) Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Desa Putat masih mengikuti pelatihan relawan di BPBD Gunungkidul. Hari ini, Rabu 25 Oktober 2017 peserta pelatihan dibimbing praktek Water Rescue dan Pendirian Tenda Peleton yang biasa digunakan di lapangan saat terjadi bencana.

Praktek Water Rescue memang tidak dilaksanakan di air secara langsung melainkan tetap di ruangan dengan materi praktek cara pemakaian pelampung yang baik dan benar serta cara evakuasi korban di dalam air seperti cara memegang korban, cara memakaikan pelampung serta pengangkatan korban. Sedangkan praktek pendirian tenda bisa dilaksanakan di halaman kompleks Gedung Sewokoprojo Kabupaten Gunungkidul yang bersebelahan dengan Kantor BPBD Gunungkidul.

Tenda Peleton kerap dijumpai di lokasi bencana karena memiliki fungsi yang krusial. Tenda Peleton biasa dipakai untuk tenda pengungsi korban bencana, posko, logistik, rumah sakit lapangan serta fungsi-fungsi lain seperti pengganti kantor fasilitas umum seperti ruang belajar dan lainnya.

Di hari kedua ini peserta lebih terlihat semangat dan antusias. Hal itu dikarenakan seperti pada pelaksanaan pelatihan-pelatihan pada umumnya dimana peserta akan mengalami kejenuhan saat penyampaian materi. Peserta akan antusias ketika mengikuti praktek karena materi yang disampaikan akan lebih mudah diterima dan dipahami apalagi materi yang menyangkut kerja lapangan.

“Kalau praktek seperti ini saya lebih cepat paham, kalau materi saya bayanginnya saja susah. Ini harus gimana, yang itu gimana, tapi kalau dipraktekkan seperti ini saya bisa tahu, ooo yang ini maksudnya begini, yang itu maksudnya begitu.” Ungkap Harmini selaku peserta dari FPRB Desa Putat.

Pelatihan relawan masih menyisakan 1 hari pada Kamis 26 Oktober 2017 esok hari, di hari terakhir tersebut peserta akan dibimbing praktek penanganan korban bencana (PPGD) yang akan disampaikan oleh narasumber dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Gunungkidul.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT