UPT PUSKESMAS PATUK II BUKA LAYANAN PERIKSA CA MAMAE DAN IVA

25 Oktober 2017 14:58:50 WIB

Putat (SIDA)- UPT Puskesmas Patuk II mulai hari ini, Rabu 25 Oktober 2017 membuka layanan pemeriksaan Ca Mamae dan IVA di Puskesmas Patuk II yang berada di Padukuhan Tawang Desa Ngoro-oro. Layanan ini ditujukan bagi wanita yang sudah menikah dan masih aktif berhubungan seks (belum menopaus).

Pemeriksaan Ca Mamae adalah pemeriksaan kondisi payudara untuk deteksi dini kanker payudara sedangkan pemeriksaan IVA adalah pemeriksaan leher rahim guna deteksi dini kanker leher rahim. Pemeriksaan tersebut sangat penting bagi para wanita merujuk pada kasus penderita kanker payudara dan kanker leher rahim yang mengalami peningkatan. Sebagian besar dikarenakan minimnya pengetahuan tentang penyebab penyakit tersebut serta animo masyarakat yang masih merasa risih dengan pemeriksaan tersebut.

Layanan pemeriksaan Ca Mamae dan IVA ini bisa diperoleh secara gratis bagi masyarakat pemegang kartu jaminan kesehatan dari BPJS (KIS) sedangkan bagi warga yang tidak memiliki kartu jaminan kesehatan akan dikenakan biaya pendaftraran sebesar 9.500 serta biaya tindakan sebesar 25.000. Besaran biaya tersebut mengacu pada peraturan yang berlaku di Gunungkidul.

Diharapkan kepada seluruh masyarakat di wilayah kerja UPT Puseksmas Patuk II dapat memanfaatkan layanan ini agar dapat mengetahui keadaan dari organ vital mereka yang rentan terhadap penyakit. Semakin dini masyarakat dapat memeriksakan kesehatannya maka akan semakin dini pula gangguan atau penyakit tersebut dapat diketahui sehingga akan mengurangi resiko penyakit yang lebih berat.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT