Kinerja Komite Sekolah di Gunungkidul Dinilai Tak Maksimal

Jk.Bl4ncir 23 Oktober 2017 12:18:17 WIB

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Komite sekolah yang ada di Gunungkidul dinilai belum bekerja secara maksimal.

Peran serta orangtua siswa masih minim, sehingga fungsi komite untuk menjembatani aspirasi sekolah dan siswa belum berjalan sepenuhnya.

 

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Gunungkidul, Andang Suhartanto.

Dikatakannya, sebanyak 80 persen komite sekolah yang ada di Gunungkidul kurang mewakilkan orangtua siswa dalam pembentukannya.

Akibatnya, aspirasi dari siswa kepada sekolah kerap kali terabaikan, begitu pun sebaliknya.

Padahal dikatakannya, menurut Permendikbud Nomor 75/2016 tentang Komite Sekolah, sebanyak 50 persen dari orangtua siswa harus dilibatkan dalam komite sekolah, sisanya 30 persen adalah tokoh masyarakat, dan 20 persen pakar pendidikan.

"Namun kenyataannya berlainan, banyak komite sekolah yang tingkat keikutsertaan orangtua siswa masih rendah. Jika ada sekalipun, partisipasinya masih rendah," ujar Andang, Jumat (20/10/2017).

Andang mengatakan, tugas komite sekolah diantaranya adalah tugas pengawasan, dan anggaran tambahan untuk operasional sekolah.

Namun, tugas tersebut hanya berjalan setengahnya saja, yakni hanya tugas penganggaran.

Sementara tugas pengawasan seperti tak berjalan.

Ia mengatakan, hal tersebut akan berdampak buruk untuk transparansi penggunaan dana di sekolah, pengawasan pembangunan, pengawasan kinerja guru, dan pendidikan siswa yang seluruhnya harus dapat terakomodir.

 

"Tugas komite itu bukan hanya mencari tambahan dana atau sumbangan saat masuk sekolah saja, namun juga terus mengawasi kinerja dari sekolah, bagaimana pelayanan pendidikan yang diterima, terkait pembangunan dan transparansi anggaran, ," tutur Andang.

Oleh karena itu, Andang meminta agar pemerintah dalam hal ini Dinas Pendidikan dapat melakukan evaluasi kepada seluruh komite sekolah yang ada di Gunungkidul, dengan begitu penyelenggaraan pendidikan di Gunungkidul dapat berjalan dengan baik.

"Kita harus memastikan komite sekolah dapat berjalan dengan baik, ketika fungsi komite sudah berjalan baik, tentunya dapat meningkatkan kualitas pendidikan untuk masyarakat Gunungkidul," ujarnya

 sumber berita : (TRIBUNJOGJA.COM) http://jogja.tribunnews.com/2017/10/20/kinerja-komite-sekolah-di-gunungkidul-dinilai-tak-maksimal?page=1  http://jogja.tribunnews.com/2017/10/20/kinerja-komite-sekolah-di-gunungkidul-dinilai-tak-maksimal?page=2

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT

SURVEY KEPUASAN PENGUNJUNG