TAK KENAL LIBUR, PEGAWAI PUSKESMAS PATUK II AJARI HEALTH TEENS GUNAKAN TENSIMETER

15 Oktober 2017 19:35:57 WIB

Putat (SIDA)- Health Teens adalah nama lain dari Posyandu Remaja Desa Putat yang dibentuk oleh Desa SIAGA Putat bersama UPT Puskesmas Patuk II beberapa bulan yang lalu. Hari ini, Minggu 15 Oktober 2017 pukul 16.00 WIB mereka melaksanakan pertemuan rutin bulanan.

Ada yang lain dari biasanya dalam pertemuan kali ini yaitu Pengurus Posyandu Remaja meminta kepada UPT Puskesmas Patuk II untuk kembali mengajarkan sekaligus praktek penggunaan Tensimeter. Menanggapi permintaan tersebut Endri Winarsih, A.Md.Keb. dari UPT Puskesmas Patuk II kemudian menyampaikan permintaan tersebut kepada Ketua Desa SIAGA Putat untuk turut menghadirinya.

Wahyudi, S.Kep. dan Sri Wahyuni, A.Md.Keb. dari UPT Puskesmas Patuk II sebagai Narasumber sore tadi menyampaikan materi penggunaan Tensimeter didampingi Ketua Desa SIAGA Putat, Juni Putra Nugraha.

Pada kesempatan itu Wahyudi, S.Kep. dan Sri Wahyuni, A.Md.Keb. menjelaskan dan mengajarkan cara kerja dari Tensimeter dan cara penggunaannya. Tensimeter yang dipakai ada dua jenis yaitu Tensimeter Manual dan Tensimeter Digital. Tensimeter Manual yang sering dipakai oleh Petugas Puskesmas diajarkan agar para remaja mengetahui lebih dalam cara kerja dan cara penggunaan yang baik dan benar karena memiliki tingkat kesulitan tersendiri, sedangkan Tensimeter Digital diajarkan karena alat itu yang akan sering dipakai oleh para remaja sekaligus cara penggunaannya lebih mudah.

“Kita ajarkan yang manual dulu agar anak-anak tahu prinsip kerja dari Tensimeter karena ini lebih sulit. Anak-anak harus memasang alatnya ke lengan dengan benar dan membaca hasilnya secara manual bersamaan penggunaan Stetoskopnya, jadi harus benar-benar hati-hati dan teliti. Kalau yang digital tinggal pasang dan tekan tombol sudah selesai, anak-anak tinggal membaca hasilnya di layar monitor.” Terang Wahyudi.

Setelah materi disampaikan kemudian Sri Wahyuni, A.Md.Keb. mengajarkan cara penggunaan Tensimeter Manual dengan praktek langsung. Para remaja dibimbing dengan diberi contoh oleh Wahyuni kemudian setelah paham para remaja melakukan praktek di bawah pengawasan Wahyudi dan Sri Wahyuni.

Di akhir pertemuan, para remaja putri juga melakukan kegiatan rutin mereka yaitu mengkonsumsi tablet penambah darah sebagai upaya pencegahan anemia pada remaja putri dilanjutkan dengan mendengarkan pengarahan dari Ketua Desa SIAGA Putat.

Dalam arahannya Juni meminta kepada para Pengurus Posyandu Remaja untuk konsisten melaksanakan tugas pengabdiannya kepada masyarakat. Juni juga meminta para remaja untuk mengoptimalkan perhatian yang telah diberikan dari UPT Puskesmas Patuk II dengan cara melaksanakan kegiatan dengan aktif. Juni pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wahyudi dan Sri Wahyuni yang berkenan meluangkan waktu di hari liburnya.

“Saya minta pada Pengurus Posyandu Remaja untuk aktif dan konsisten melaksanakan tugas pengabdian ini. Jangan sampai kalian menyia-nyiakan perhatian dari teman-teman Puskesmas Patuk II. Harusnya mereka libur, berkumpul bersama keluarga tapi mereka tetap datang ke sini jauh-jauh, Bu Yuni dari Sleman dan Pak Yudi dari Siyono, untuk apa? Ya untuk kalian dan demi kalian. Jadi jangan sampai kalian kalah semangat dari mereka.” Papar Juni.

Selain itu Juni meminta untuk pertemuan yang akan datang bisa dilaksanakan di Padukuhan Batur agar remaja di sana ikut aktif. Karena sejak Posyandu Remaja dibentuk, remaja dari Batur mengalami grafik penurunan kehadiran bahkan pertemuan kali hanya ada 3 remaja dari Batur. Melihat hal tersebut Juni menganalisa adanya rasa canggung dari remaja Batur untuk bergabung dengan remaja di Bobung, sehingga untuk memotivasi kembali keaktifan remaja Batur maka pertemuan berikutnya akan dilaksanakan di Padukuhan Batur.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT