SISTEM TANAM TABULAMPOT DAN POLIBEK UNTUK EFISIENSI TEMPAT DAN BIAYA

Jk.Bl4ncir 15 Oktober 2017 16:42:55 WIB

Putat (SIDA)- Metode budidaya tanaman buah dalam pot atau Tabulampot merupakan solusi untuk menanam buah tetapi tidak mempunyai lahan yang cukup meskipun tidak semua tanaman buah bisa ditanam dengan sistem tabulampot. Tabulampot hanya diaplikasikan pada jenis tanaman tertentu saja seperti Jambu Kristal, Jambu Air, Jeruk, Sawo, Mangga dan lainnya. Bibit tanaman tersebut merupakan bibit hasil perbanyakan vegetatif (cangkok, okulasi dan penyambungan) sehingga akan lebih cepat berbuah. Tabulampot Jambu Kristal bisa ditemui di Padukuhan Kepil yang merupakan sentra tanaman buah Jambu Kristal di Desa Putat walaupun belum terbilang banyak karena kebanyakan masyarakatnya masih memiliki lahan.

Seiring berkembangnya pengehtahuan sistem tabulampot, sekarang ini selain untuk tanaman buah juga bisa dipakai untuk tanaman apotik hidup dan sayuran. Di Desa Putat sendiri banyak ibu-ibu rumah tangga yang mengembangkannya seperti penanaman sayur berupa lombok, terong, tomat, sawi dan kacang panjang. Disamping tidak punya lahan dan menghemat tempat sistem ini juga dirasakan efisien untuk ibu-ibu rumah tangga karena dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan memasak harian. Program ini juga merupakan bagian dari pemberdayaan ibu rumah tangga yang selalu disampaikan dalam pertemuan Kader Desa dan PKK.

“Buat kami menaman sayur dalam pot atau plastik polybek bisa hemat tempat dan waktu. Jika ingin memasak dan membutuhkan bumbu tinggal petik saja di depan rumah, malam haripun bisa. Mudah dan jadi menghemat pengeluaran belanja.“ Jelas Neni Marlina salah satu warga Kepil.

Sistem penanaman sayur dalam pot atau polybek selain dikonsumsi sendiri juga bisa dipasarkan jika penanamannya dalam jumlah yang lumayan banyak. Proses perawatannya pun mudah karena dekat dengan pekarangan rumah, beda halnya yang berada di lahan yang jauh dari rumah sehingga sistem ini disebut sebagai sistem tanam yang efisien.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT