PAPAN INFORMASI UNTUK PENINGKATAN PELAYANAN MASYARAKAT

Jk.Bl4ncir 13 Oktober 2017 00:20:34 WIB

Putat(SIDA)- Penyampaian informasi pada masyarakat desa sangat penting untuk dilakukan agar masyarakat tahu dan mengerti mengenai apa saja yang ada di pemerintah desa, baik itu informasi tentang penggunaan anggaran dana desa yang harus transparan ataupun berbagai kegiatan sosial budaya masyarakat atau yang lainnya yang sekarang ini bisa diakses masyarakat melalui website desa. Selain hal tersebut, penting juga untuk pemberian informasi pada pelayanan masyarakat tentang pengurusan surat-surat baik itu kependudukan ataupun berbagai keperluan administratif lainnya.

Dikarenakan masyarakat yang datang ke Balai Desa masih ada yang belum mengerti tentang alur pelayanan yang ada di pemerintahan desa kadang-kadang mereka harus pulang untuk melengkapi berkas yang dibutuhkan dan hal itu memakan waktu, yang harusnya bisa cepat selesai dilayani harus pulang untuk melengkapi berkasnya, membuang tenaga dan juga biaya untuk mondar mandir.

Dilatarbelakangi hal tersebut, Pemerintah Desa Putat membuat Papan Informasi Alur Pelayanan beserta syarat-syarat berbagai layanan persuratan dan kependudukan.

"Karena masih ada masyarakat yang belum mengerti alur pelayanan ini maka Pemerintah Desa Putat memasang Papan Informasi tersebut di Balai Sesa dan untuk seluruh Balai Padukuhan yang ada di Desa Putat ini sedang dalam proses pengerjaan.” Ungkap Joko Yuono selaku Kaur. Tata Usaha dan Umum Desa Putat.

"Kami sering menjumpai warga yang datang dengan tidak membawa berkas yang dibutuhkan seperti Pengantar RT yang wajib disertakan dan harus pulang untuk membuatnya. Sebenarnya kami kasihan tapi bagaimana lagi itu sudah jadi prosedur agar perangkat setempat tahu aktivitas warganya.” Tambah Joko.

Hal-hal semacam ini memang perlu ditingkatkan agar pelayanan kepada masyarakat akan lebih optimal dan masyarakat pun nyaman.  Meskipun pada dasarnya informasi berkaitan pelayanan di desa sudah disosialisasikan melalui Dukuh.

Pembuatan Papan Informasi tersebut selain inisiatif dari Bagian Pelayanan juga merupakan permintaan dari dukuh sebagai alat bantu sosialisasi.

"Kami sangat setuju dengan hal seperti ini, kami sebagai dukuh sangat merasa terbantu walaupun di setiap pertemuan padukuhan selalu kami ingatkan. Tapi kadang ada warga yang tidak datang  atau datang tapi kurang memperhatikan dan mungkin juga kurang paham dan tidak bertanya sehingga tidak tahu.“ Ungkap Sumanto selaku Dukuh Putat Wetan.

Semoga dengan pemasangan Papan Informasi ini dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat sehingga pelayanan kepada masyarakat di Desa Putat semakin optimal dan mudah.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT