MASYARAKAT DESA PUTAT JADI KESAN TERSENDIRI BAGI KKN UIN SUNAN KALIJAGA

Jk.Bl4ncir 11 Oktober 2017 17:22:29 WIB

Putat(SIDA)-Masyarakat di wilayah pedesaan masih menjunjung tinggi rasa kekeluargaan dan gotong royong. Menjamu dan menerima dengan ramah dan baik dari masyarakat di Desa Putat inilah yang menjadi kesan tersendiri bagi mahasiswa UIN Sunan  Kalijaga  Yogyakarta yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata atau KKN di Desa Putat.

Rasa kekeluargaan yang mereka rasakan pada saat melaksanakan kegiatan KKN menjadikan mereka betah untuk tinggal. Mereka merasakan perbedaan dengan yang mereka rasakan di kota selama ini. Keramahtamahan masyarakat, saling tegur sapa, saling bergotong royong jika ada kegiatan sangat terasa dan terkenang di hati mereka.

”Kami KKN di DesaPputat ini serasa berada di kampung kami sendiri, serasa dirumah kami sendiri. Masyarakat di sini sangat ramah. Kami seperti keluarga di sini.” Tutur Yulia salah satu mahasiswa KKN.

Mereka diterima dengan sangat baik bahkan dalam acara-acara yang diadakan oleh masyarakat mereka selalu diikutsertakan seperti arisan RT, Kenduri dan lain-lain. Mereka diundang secara khusus layaknya warga setempat untuk rapat, untuk berkumpul dengan masyarakat dan itu menjadikan pengalaman tersendiri buat mereka.

Dari aspek kemasyarakatan tersebut mereka bisa memahami dan mengerti tentang budaya yang ada di wilayah padukuhan atau Pos KKN yang mereka tempati di setiap padukuhan di Desa Putat. Mereka belajar bersosialisasi dan bermasyarakat yang didukung oleh masyarakat yang sangat terbuka untuk memberikan arahan. Dengan kegiatan KKN seperti ini diharapkan mahasiswa tidak hanya pandai dan cerdas dalam akademik namun dilengkapi dengan jiwa sosial yang tinggi agar menjadi bijak dalam menghadapi kehidupannya.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT