TALK SHOW PENDEWASAAN USIA PERKAWINAN, TEKAN PERNIKAHAN DINI

10 Oktober 2017 11:21:24 WIB

Putat (SIDA)- Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Gunungkidul (DP3AKBPMD) menyelenggarakan kegiatan Road Show berupa Talk Show Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP) dengan tema BOLEHKAH REMAJA KAWIN yang diselenggarakan di Balai Desa Putat pada hari ini, Selasa 10 Oktober 2017.

Acara tersebut sebagai respon atas kondisi remaja yang terjadi dalam kurun waktu dewasa ini. Banyak sekali kenakalan remaja yang terjadi salah satunya adalah kehamilan yang tidak diinginkan dan berujung pada pernikahan dini.

Program Roadshow PUP dipilih karena menjadi prioritas penanggulangan oleh pemerintah karena kehamilan dan pernikahan usia dini mempunyai tingkat resiko yang berkelanjutan dan mengkhawatirkan khususnya bagi remaja putri.

Remaja putri memiliki resiko besar apabila di usia belianya sudah harus mengandung. Resiko dapat disebabkan dari berbagai faktor diantaranya kesiapan mental yang berubah secara drastis. Remaja yang harusnya masih menikmati usia muda untuk belajar dan meraih cita-cita harus berubah menjadi ibu rumah tangga, kesiapan organ reproduksi yang belum matang juga menjadi resiko dalam kehamilannya. Hal inilah yang mendasari pemerintah memprioritaskan kegiatan roadshow ini.

Hadir dalam talk show tersebut dari DP3AKBPMD, KUA Kecamatan Patuk, UPT Puskesmas Patuk I, UPT Puskesmas Patuk II, Camat Patuk, Kapolsek Patuk, Danramil Patuk, Kepala Desa se Kecamatan Patuk dan dihadiri oleh perwakilan dari Guru dan siswa-siswa di sekolah SMP/ Sederajat dan SMA/ Sederajat yang ada di wilayah Kecamatan Patuk sebagai Peserta.

Kegiatan PUP diakhiri dengan pembacaan Ikrar Komitmen Bersama oleh Kepala Desa Nglegi dan ditandatangani oleh Stakeholder terkait. Diharapkan Komitmen Bersama tersebut dapat menjadi pegangan bagi seluruh stakeholder di Kecamatan Patuk untuk senantiasa mengkampanyekan pendewasaan usia perkawinan sebagai langkah pencegahan pernikahan usia dini di wilayah masing-masing.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT