DESA BUDAYA PUTAT HADIRI TRADISI SURAN DI BANGSAL KEPATIHAN

07 Oktober 2017 22:25:26 WIB

Putat (SIDA)- Juni Putra Nugraha selaku Kasi Pelayanan Desa Putat didisposisi oleh Kepala Desa untuk menghadiri undangan dari Dinas Kebudayaan DIY pada hari Sabtu malam, 7 Oktober 2017 di Bangsal Kepatihan Kantor Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta.

Acara yang dibuka secara resmi oleh Ir. Gatot Saptadi selaku Sekretaris Daerah mewakili Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X yang berhalangan hadir tersebut merupakan acara tradisi suran dengan pagelaran wayang kulit semalam suntuk oleh dalang sekaligus seniman yang sudah tidak asing lagi yaitu Ki Gondo Suharno, S.Sn. dengan lakon Kikis Tunggarana.

Acara tradisi suran ini merupakan agenda budaya yang dibiayai dengan Dana Keistimewaan DIY dari Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai salah satu kegiatan pelestarian tradisi dan budaya di DIY agar tetap terjaga dengan baik.

Dalam pembacaan sambutan Gubernur, Sri Sultan Hamengku Buwono X berharap kepada masyarakat untuk bisa mengambil makna dan filososfi dari tokoh-tokoh pewayangan yang ada dalam mengarungi kehidupan agar tercipta kondisi yang harmonis. Masyarakat hendaknya bisa menjadi pribadi yang bijaksana seperti tokoh Semar, menjadi pemberani, menjadi adil, menjadi sabar seperti tokoh-tokoh lainnya. Selain itu masyarakat juga diharapkan mampu mengendalikan hawa nafsu yang menjadi sumber kekacauan apabila tidak dikelola dengan baik.

Pembacaan sambutan diakhiri dengan penyerahan salah satu tokoh wayang oleh Gatot Saptadi kepada Ki Gondo Suharno, S.Sn. sekaligus sebagai tanda pagelaran wayang siap untuk dimulai. Ki Gondo Suharno, S.Sn. kemudian bergabung dengan wiyaga untuk memulai pentas. Dengan diakhiri pembacaan doa, pagelaran wayang semalam suntukpun dimulai.

Sampai acara pembukaan berakhir dan pentas wayang sudah dimulai masih nampak banyak kursi tamu undangan yang kosong, namun belum diketahui dari Dinas/ Instansi mana yang paling banyak tidak hadir serta perihal ketidakhadirannya.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT