SOSIALISASI POSBINDU DESA PUTAT, NARASUMBER DIBUAT KAGET

29 September 2017 20:31:13 WIB

Putat (SIDA)- Sosialisasi Pos Pembinaan Terpadu (POSBINDU) di Desa Putat dilaksanakan selama dua hari, mulai dari Jumat, 29 September 2017 sampai dengan hari Sabtu, 30 September 2017 bertempat di Balai Desa Putat.

Sosialisasi tersebut merupakan kegiatan yang dibiayai oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul yang diselenggarakan oleh UPT Puskesmas Patuk II dengan menghadirkan Narasumber Sutimah, A.Md.Keb, SKM selaku Kepala UPT Puskesmas Patuk II serta Yudo Hendratmo dari Dinas Kesehatan Gunungkidul.

Sutimah menyampaikan materi tentang IVA dan penyakit-penaykit yang bisa dideteksi sejak awal melalui POSBINDU sedangkan Yudo menyampaikan materi yang lebih spesifik mengenai POSBINDU.

Acara yang dimulai pada pukul 09.00 WIB tersebut berakhir pada pukul 11.00 WIB di  hari pertama tersebut menghadirkan Kepala Desa Putat, Kasi Pelayanan sekaligus Ketua Desa SIAGA, Ketua TP PKK Desa, Koordinator Kader Desa, Ketua Karang Taruna Desa serta Dukuhd se Desa Putat dan akan dilanjutkan sosialisasi kepada Kader Desa pada hari sabtu.

Dalam sambutannya, Sukardi selaku Kepala Desa menyambut baik acara tersebut dan akan mendukung setiap kegiatan yang menyasar pada kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

“Kami akan mendukung kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat Desa Putat terlebih tentang kesehatan dan kesejahteraan. Bu Endri tadi menyampaikan sedikitnya dibutuhkan sepuluh kader POSBINDU, maka akan kami biayai untuk honornya.” Jelas Sukardi.

Yudo selaku Narasumber dibuat kaget saat sesi tanya jawab dimana Yudo berasumsi bahwa sosialisasi ini adalah langkah awal pembentukan POSBINDU di Desa Putat namun Yudo justru mendapati fakta lain. Juni menjelaskan bahwa Desa SIAGA Putat sudah menyediakan peralatan penunjang pembentukan POSBINDU seperti Tensimeter Digital, Pengukur Tinggi Badan, Timbangan Injak serta Multitester untuk Gula Darah, Kolesterol dan Asam Urat sebanyak dua paket, sehingga POSBINDU di Desa Putat sedikitnya akan diawali dengan pembentukan dua POSBINDU secara serentak. Selain itu Kepala Desa juga sudah menyiapkan anggaran untuk honor Kader POSBINDU sebanyak sepuluh orang pada Tahun Anggaran 2018.

Yudo sangat mengapresiasi langkah yang ditempuh Desa SIAGA Putat dalam mempersiapkan kebutuhan peralatan POSBINDU respon yang baik dari Kepala Desa Putat. Terlebih saat tahu bahwa Desa SIAGA Putat meraih Juara II pada Evaluasi Desa SIAGA Kabupaten Gunungkidul tahun 2016 yang lalu.

“Luar biasa Desa SIAGA Putat dan Kepala Desanya, begitu agresif dan tanggap dengan program kesehatan.” Ungkap Yudo di akhir acara.

Juni juga menyampaikan bahwa respon Desa SIAGA Putat tidak bisa lepas dari kerjasama yang baik dari Pemerintah Desa Putat dengan UPT Puskesmas Patuk II.

“Pegawai-pegawai di Puskesmas Patuk II juga sangat luar biasa Pak Yudo, jadi Desa SIAGA Putat bisa ikut luar biasa.” Jelas Juni menanggapi pujian tersebut.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT