INSPEKTORAT KABUPATEN GUNUNGKIDUL KUNJUNGI DESA PUTAT

07 September 2017 00:17:21 WIB

Putat (SIDA)- Inspektorat dari Kabupaten Gunungkidul kunjungi Desa Putat pada hari Rabu, 6 September 2017. Agenda yang sedianya dilaksanakan pada hari Senin tersebut diundur karena banyaknya agenda pertemuan eksternal dari Inspektorat sehingga berdampak pada banyaknya anggota tim yang akan berkunjung menjadi berkurang.

Dalam kunjungannya ke Desa Putat yang merupakan agenda Inspeksi Reguler, Inspektorat memeriksa dokumen APBDesa dan administrasi pendukungnya yang dilakukan secara menyeluruh. Hal tersebut bertujuan agar pemerintah desa dapat menyelenggarakan pemerintahan dengan baik serta sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Di hari pertama kunjungan tersebut ditemukan beberapa kekurangan administratif namun bukan berkaitan dengan kesalahan dalam penggunaan APBDesa namun lebih pada pemahaman terkait kelengkapan administratif diantaranya adanya lembar RAB kegiatan yang belum dimasukkan dalam SPJ karena tercecer dan langsung ditemukan berkasnya, pengadaan timbangan dacin untuk Posyandu serta perlengkapan Usila Kit yang belum masuk dalam daftar inventaris desa.

Belum masuknya pengadaan barang tersebut di dalam inventaris desa dikarenakan pemahaman yang berbeda, dimana Pemerintah Desa Putat memahaminya barang tersebut merupakan pengadaan yang diberikan pada Posyandu sehingga akan menjadi aset Posyandu secara penuh, namun arahan dari Inspketorat bahwa barang-barang tersebut tetap sebagai aset milik desa sehingga harus dimasukkan dalam data inventaris desa.

Sumadi selaku Kepala Urusan Keuangan sekaligus Bendahara Desa merasa sangat terbantu dengan kunjungan tersebut. Sehingga pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya semaksimal dapat diselesaikan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Apa yang dulunya saya kurang paham atau beda pemahaman dalam suatu aturan, bisa menjadi lebih paham. Karena saat kunjungan seperti ini, Inspektorat bisa memeriksa secara langsung sekaligus mengarahkan pembetulannya. Kalau sekolah ibaratnya teori langsung praktek sehingga kita bisa tahu mana yang sudah sesuai dan mana yang harus diperbaiki.” Jelas Sumadi.

Acara yang dimulai pada pukul 10.30 WIB tersebut berakhir sekitar pukul 15.30 WIB. Seluruh pemeriksaan di agenda hari pertama tersebut berjalan dengan lancar. Semoga dengan kunjungan tersebut semakin memantapkan Pemerintah Desa Putat untuk berusaha menjadi pemerintahan yang bersih, akuntabel dan bertanggung jawab.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT