IDUL ADHA 1438 H, JUMLAH HEWAN QURBAN ALAMI KENAIKAN

03 September 2017 01:37:58 WIB

Putat (SIDA)- Idul Adha di tahun 1438 H atau 2017 ini jumlah hewan qurban di Desa Putat alami kenaikan. Hal ini tidak serta merta dapat menjadi indikasi bahwa kesejahteraan masyarakat turut meningkat karena belum tentu keseluruhan hewan qurban berasal dari warga setempat. Ada yang mendapat amanah dari keluarga di luar daerah ataupun dari instansi atau Pondok Pesantren yang menyalurkan hewan qurban. Pada tahun ini jumlah hewan qurban di Desa Putat mencapai 13 ekor sapi dan 127 ekor kambing yang tersebar di 11 (sebelas) lokasi baik Masjid dan Mushola.

Dari 9 (sembilan) Padukuhan yang menyelenggarakan penyembelihan hari Jumat, 1 September 2017 antara lain Padukuhan Batur, Bobung, Plumbungan, Sendangsari, Gumawang, Putat Wetan, Putat I dan sebagian wilayah Putat II. Penyembelihan pada hari Sabtu, 2 September 2017 adalah Padukuhan Kepil, sedangkan sebagian wilayah Putat II tepatnya Jamaah Masjid Jami’ Al Ma’wa akan menyelenggarakan penyembelihan pada hari Minggu, 3 September 2017.

“Sejauh ini dari segi jumlah hewan qurban ada kenaikan jika diakumulasikan se Desa Putat. Namun sepertinya ada padukuhan yang mengalami penurunan. Semoga kenaikan dari segi jumlah ini bisa menggambarkan peningkatan kesadaran dalam beribadah qurban serta meningkatnya kesejahteraan masyarakat.” Jelas Juni selaku Kasi Pelayanan Desa Putat.

Juni juga menyampaikan bahwa selain dari segi jumlah yang mencerminkan peningkatan kesadaran beribadah, ke depan akan melakukan pembinaan bersama FORSITAMA (Forum Silaturahmi Takmir Masjid) Desa Putat untuk memantau lebih detail terkait penyelenggaraan ibadah qurban di setiap padukuhan. Hal tersebut dilakukan agar ibadah qurban yang dilaksanakan bisa semakin baik sesuai dengan tuntunan Nabi. Tidak dipungkiri bahwa dalam penyelenggaraan ibadah qurban masih ada transaksi penjualan kepala dan kaki hewan qurban serta kulitnya yang secara jelas diterangkan dalam sebuah hadist sokhih bahwa jual beli dari hewan qurban yang disembelih dan belum dibagikan pada yang berhak menerima itu tidak diperbolehkan.

Secara rinci, persebaran hewan qurban di Desa Putat pada tahun 1438 H ini adalah sebagai berikut :

NO.

PADUKUHAN

JUMLAH SAPI

JUMLAH KAMBING

1.

 BATUR

 

12 EKOR

2.

 BOBUNG

1 EKOR

17 EKOR

3.

 KEPIL

1 EKOR

14 EKOR

4.

 PLUMBUNGAN

 

14 EKOR

5.

 SENDANGSARI

 

7 EKOR

6.

 GUMAWANG

1 EKOR

15 EKOR

7.

 PUTAT WETAN

4 EKOR

14 EKOR

8.

 PUTAT  I

1 EKOR

19 EKOR

9.

 PUTAT  II :

 

 

 A.      AL MA’WA

3 EKOR

 

 B.       AN NUR TAJI

2 EKOR

5 EKOR

 C.       AL MUTAQIEN

 

10 EKOR

JUMLAH

13 EKOR

127 EKOR

Dari data di atas dapat dilihat di Padukuhan Putat Wetan memiliki jumlah hewan qurban yang terbanyak dengan 134 KK penerima serta 64 KK dibagikan ke Padukuhan Putat I, Gumawang dan Kerjan Desa Beji serta 20 Kg. daging sapi dibagikan ke Desa Terbah. Jumlah hewan qurban sebanyak itu tidak lepas dari kesadaran warga setempat serta usaha dari Sie Usaha Panitia Qurban. Namun tidak demikian dengan Padukuhan Sendangsari yang hanya memiliki 7 ekor kambing dengan 80 KK. Juni berharap ke depan ada koordinasi antar padukuhan sehingga apabila ada padukuhan yang masih kekurangan hewan qurban bisa diusahakan dari padukuhan lain yang merasa kelebihan hewan qurban agar bisa disalurkan ke padukuhan terdekat.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT